Tim ilmuwan di Royal Botanical Gardens, Kew, Inggris, memulai tugas besar dan berat mengupayakan data tunggal seluruh jenis tanaman bermanfaat obat di seluruh dunia. Upaya itu dinilai sangat penting karena satu jenis tanaman saja bisa disebut berbeda di satu wilayah atau lintas negar. Salah konsumsi tanaman berkhasiat obat bisa berakibat fatal.

Itu terjadi ketika 100 orang Belgia terkena gagal ginjal karena meminum pil tertentu, yang ternyata salah satu bahannya salah karena penamaan sama. ” Konsekuensinya sangat serius ketika menggunakan jenis tanaman yang tidak tepat, ” kata Bob Allkin dari proyek Penanaman Tanaman Obat ( MPNS ) Kew, seperti dikutip BBC, Rabu ( 2/11 ). Saat ini, proyek itu mencakup sekitar 18.000 jenis tanaman.

Tanaman Obat | Inilah Daftar Tanaman Obat Indonesia, Manfaat dan

Tanaman obat Indonesia, manfaat dan khasiatnya adalah tomat yang tersedia di kebun diusahakan oleh siapa pun termasuk petani. Tomat diketahui mengandung sejenis antioksidan kuat yang disebut Lycopene dalam jumlah banyak, yaitu zat yang membuat warna merah pada buah ini. Buah tomat juga telah terbukti mengandung suatu senyawa yang disebut sebagai asam alfa lipoic. Bermanfaat membantu mengontrol glukosa dalam darah, meningkatkan vasodilatasi dan melindungi terhadap retinopati pada pasien diabetes.

Dari jumlah itu saja, dikenal 90.000 penyebutan nama. Padahal jumlah spesies tanaman obat di dunia jauh lebih banyak lagi.

Demi mencegah dampak buruk lebih dan kesamaan identifikasi secara global, tim itu akan bekerja keras menggunakan satu nama yang disepakati dunia untuk satu jenis tanaman. Itu akan memudahkan ahli farmasi, apoteker, atau peneliti tanaman obat dunia.

Sumber : Kilas Iptek / BBC / GSA.