Otoritas Nepal berhasil mengeringkan sebagian danau gletser raksasa di dekat Gunung Everest, Imnja Tsho, danau yang berawal dari lapisan besar es yang bergerak turun perlahan itu berada pada ketinggian 3.010 meter di atas permukaan laut. Lokasi danau 10 kilometer di selatan puncak Everest. Bekerja sama dengan badan PBB, UNDP, otoritas Nepal, antara lain, membangun terowongan sepanjang 45 meter untuk saluran es yang mencair.

Peta pegunungan Himalaya.

Peta Danau Imnja Tsho di Pegunungan Himalaya.

Danau glasial yaitu danau yang terbentuk akibat mencairnya es. Pengeringan ini dilakukan pemerintah setempat guna mengurangi resiko banjir yang diakibarkan meluapnya air di danau tersebut. Otoritas setempat, dikutip AFP, Senin (31/10/2016) menyebut banjir akibat satu dari ribuan danau serupa yang ada di pegunungan Everest tersebut bakal mengancam kehidupan ribuan orang.

Danau glasial Imnja Tsho, yaitu danau yang terbentuk akibat mencairnya es.
Pengeringan danau dilakukan pemerintah setempat guna mengurangi resiko banjir yang diakibatkan meluapnya air di danau tersebut. Otoritas setempat, dikutip AFP, Senin (31/10/2016) menyebut banjir akibat satu dari ribuan danau serupa yang ada di pegunungan Everest tersebut bakal mengancam kehidupan ribuan orang.

Para ilmuwan menyatakan, perubahan iklim menyebabkan gletser-gletser di Himalaya lebih cepat mencair ketimbang gletser-gletser lain.Nepal memiliki 3.000 danau glelser. Gempa tahun lalu menambah kekhawatiran bahaya banjir dari danau-danau itu.

AFP / BEN.

Iklan