Busur dan panah adalah senjata perang di masa lalu. Kalaupun masih digunakan pada zaman sekarang, biasanya dalam lomba-lomba atau pertandingan panahan. Namun, di Sydney, Australia, ada seorang pria yang masih menggunakan busur dan panah untuk melukai seorang penyusup atau pencuri yang masuk ke dalam rumahnya.

Laman UPI melaporkan, pria pemilik rumah itu menembakkan anak panahnya kepada penyusup atau pencuri yang coba mencuri mobil dari rumah si pria tadi. Pria pemilik rumah berusia 68 tahun itu sedang berada di rumah bersama istrinya ketika si pencuri datang. Pria ini berhasil mencegah pencuri yang coba mencuri mobilnya, tetapi si pencuri itu berhasil menggondol uang dalam jumlah besar berikut sebuah tas.

Pencuri dipanah pantatnya oleh pria tua. Ilustrasi : hqdefault.

Pencuri dipanah pantatnya oleh pria tua karena mencuri uang dalam jumlah besar dan tas. Ilustrasi : hqdefault.

Panah yang dilepaskan si pria tua tadi berhasil melukai si pencuri. Tapi, saat polisi menginvestigasi kasus ini mengatakan, mereka juga harus menyelidiki si pemilik rumah. Sebab, Australia memberlakukan hukuman yang ketat terkait serangan yang dilakukan terhadap seseorang.

Tak peduli apakah serangan itu dilakukan terhadap penyusup ke dalam rumah. Diceritakan, pencuri berhasil masuk rumah dan menggondol uang dan tas, juga masuk ke dalam mobil Nissan X-Trail dan membawa mobil itu keluar garasi, tetapi mobil itu menabrak pagar rumah. Pencuri itu lalu lari ke jalanan, pemilik rumah pun menembak pantat si pencuri dengan menggunakan busur dan panah.

” Kami mendapat informasi dari pemilik rumah, polisi sudah berusaha bicara kepada pemilik rumah, ” kata Inspektur Detektif Dean Johnstone. Tapi, dia tetap bersikap diam, ini jadi masalah. Kami akan menginvestigasinya, ucap Johnstone.

Saat ini busur dan panah bukan senjata yang dilarang di Australia. Pemilik rumah itu adalah anggota klub panahan, jadi ada kemungkinan pemilik rumah akan dituntut karena menyerang si pencuri yang datang ke rumahnya.

UPI / LOK