Junko Tabei, perempuan petama yang menaklukkan puncak Gunung Everest, meninggal, Kamis ( 20/10 ), pada usia 77 tahun. Perempuan asal Jepang itu meninggal karena sakit kanker peritoneal di sebuah rumah sakit di Saitama, utara Tokyo. Televisi Jepang NHK dan Kyodo News, Sabtu, melaporkan kematian Tabei dengan mengutip keterangan keluarga Tabei.

Junko Tabei saat mendaki puncak Gunung Everest.

Junko Tabei saat mendaki puncak Gunung Everest.

Junko Tabei (kiri) digambarkan pada tahun 2005 dengan Pang Duo, wanita kedua yang mencapai puncak Everest. Devendra Singh M. / Getty Images

Junko Tabei (kiri) pada tahun 2005 dengan Pang Duo ( kanan ), wanita kedua yang mendampinginya naik gunung hingga mencapai puncak Everest. Foto : Devendra Singh M. / Getty Images

Jepang Junko Tabei, adalah wanita pertama yang telah menaiki Gunung Everest. Dia meninggal pada hari Sabtu, berusia 77.

Pendaki gunung wanita Jepang,  Junko Tabei, adalah wanita pertama yang telah menaiki Gunung Everest. Dia meninggal pada hari Sabtu, berusia 77.

Almarhum Junko

Almarhum Junko Tabei telah melaksanakan tugasnya sebagai petualang wanita pertama Jepang yang berhasil mencapai puncak Gunung Everest. Kini dia telah sampai pada puncak tertinggi kehidupannya, meninggal dunia dalam usia 77 tahun.

Tabei menjadi perempuan pertama yang berhasil menaklukkan puncak Gunung Everest tahun 1975. Ia meraih prestasi itu melalui sisi utara punggung Gunung Everest.

Tak hanya Everest, Tabei juga menaklukkan beberapa puncak gunung di beberapa benua, seperti Kilimanjaro ( Tanzania ), McKinley ( Amerika Serikat ), dan Vinson Massif di Antartika. Meski telah menaklukkan puncak gunung tertinggi di dunia, perempuan asal Fukushima itu tetap melanjutkan aktivitasnya mendaki gunung di Jepang dan luar negeri.

AFP / AP / LOK.

Iklan