Tim ilmuwan dari Universitas Oxford, Inggris, menemukan pergerakan alami bakteri yang bisa dimanfaatkan merakit dan menghasilkan tenaga mikroskopik untuk berbagai mesin mikro buatan manusia semacam telepon pintar. Studi yang diterbitkan dalam jurnal Science Advances menggunakan simulasi komputer untuk menunjukkan efek kerumunan padat pada bakteri yang bergerak dapat dikelola untuk menggerakkan rotor silinder dan menyediakan sumber energi tetap. Para peneliti memercayai pergerakan biologi itu suatu hari bisa menjamin mesin mikroskopik yang sangat bermanfaat.

Tylor Shendruk.

Tyler Shendruk.

pergerakan alami bakteri yang bisa dimanfaatkan merakit dan menghasilkan tenaga mikroskopik untuk berbagai mesin mikro buatan manusia semacam telepon pintar.

Pergerakan alami bakteri yang bisa dimanfaatkan merakit dan menghasilkan tenaga mikroskopik untuk berbagai mesin mikro buatan manusia semacam telepon pintar.

Anggota tim yang turut menulis, Tyler Shendruk dari Departement of Physics Oxford University, dalam Sciencedaily, 8 Juli 2016, mengatakan, ” Kebanyakan tantangan energi di masyarakat pada skala gigawatt, tetapi ada juga yang benar-benar mikroskopis.”

Pergerakan bakteri yang padat itu contoh pergerakan cairan yang aktif. Saat bakteri berenang dan berkerumun, mereka menghasilkan energi.

Sumber : Kilas Iptek / Science Daily / ICH.

Iklan