Publik menantikan dengan penuh harap mekarnya Morphy, sebuah bunga bangkai jenis suweg raksasa atau Titan Arum ( Amorphophallus ). Bunga ini miturut publik setempat, berbau layaknya campuran antara bangkai binatang dan kencing. Morphy sudah tidak berbunga sejak 2011.

Bunga di Dartmouth College itu diperkirakan mekar pekan ini. Miturut Life Sciences Greenhouse di Dartmouth, Newa Hampshire, Amerika Serikat, paling cepat bunga itu akan mekar Kamis ( 22/9 ). Sejak beberapa hari terakhir, kerumunan warga memenuhi kawasan itu. Hari Minggu lalu, misalnya, 175 orang mendatangi tempat tersebut.

Sebuah bunga langka yang terkenal karena ukuran dan baunya, yakni bunga bangkai, baru saja mekar di rumah kaca Dartmouth College pada akhir pekan lalu. Universitas tersebut bahkan menyediakan siaran langsung secara online agar netizen dapat menyaksikan mekarnya bunga bangkai berusia 13 tahun yang mendapat nama kesayangan "Morphy".

Bunga langka yang terkenal karena ukuran dan baunya, baru saja mekar di rumah kaca Dartmouth College pada akhir pekan lalu.
Mekarnya bunga bangkai berusia 13 tahun yang mendapat nama kesayangan Morphy dipantau lewat kamera khusus selama proses mekar.

Mereka menyaksikan kuncup bunga yang tumbuh setinggi 10,16 sentimeter. Mereka mengaku tidak sabar melihat bunga khas dari Pulau Sumatera, Indonesia. ” Sangat menggembirakan kami memiliki bunga ini, ” kata Kim De Long, Manajer Greenhouse Dartmouth.

Ia mengaku pernah menyaksikan mekarnya bunga sejenis saat bekerja di Universitas California, Berkeley, AS. ” Baunya sangat kuat. Baunya seperti bangkai atau kotoran makhluk hidup atau air kencing yang dicampur, ” katanya.

Karena antusiasme warga, otoritas Darmouth pun menambah jam operasional rumah tumbuhan itu dan memasang kamera khusus untuk memantau pemekaran bunga itu.

AP / BEN.

Iklan