Infeksi human immunodeficiency virus ( HIV ) membunuah 60 persen anak yang tak mendapat terapi tepat. Namun, infeksi serupa pada monyet tak fatal. Studi yang dipublikasikan di Science Translational Medicine menunjukkan, 1 dari 10 anak punya sistem kekebalan tubuh mirip monyet yang bisa menghentikan perkembangan HIV hingga tak jadi acquires human immunofeficiency syndrome ( AIDS ).

Satu dari 10 anak dengan HIV memiliki pertahanan inbuilt melawan AIDS

Satu dari 10 anak Afrika terinfeksi HIV, memiliki pertahanan kekebalan tubuh mirip monyet dalam melawan AIDS. Foto : Ryan Kilpatrick / Flickr.

Studi itu dari analisis darah 170 anak Afrika Selatan yang kena virus HIV, tetapi belum jadi AIDS dan belum mendapat terapi anti retrovial. Saat HIV menginfeksi, sistem imun tubuh umumnya melawannya, tetapi itu tak terjadi pada 10 persen anak responden.

” Sistem imun tubuh mereka mengabaikan HIV, ” kata Philip Goulder, peneliti dari Universitas Oxford, Inggris, Kamis ( 29/9 ). Itu mirip mekanisme di lebih dari 40 spesies primata nonmanusia menghadapi simian immunodeficiency virus ( SIV ).

Sumber : Kilas Iptek / BBC / MZW.