Dampak buruk nikotin pada rokok bagi kesehatan adalah nyata. Namun, studi terbaru tim Sekolah Kedokteran Universitas Texas A and M, Amerika Serikat, yang dipublikasikan di Open Access Journal of Tuxicology menunjukkan, pemberian nikotin, tak melalui rokok berdosis tinggi pada hewan bisa melindungi otak dari penuaan hingga mencegah parkinson dan alzeheimer.

Nikotin bisa membantu memerangi demensia dan obesitas, kata US penelitian universitas

Nikotin bisa membantu memerangi demensia ( penuaan otak ) namun jika kecanduan begitu sangat bagi pemakainya, merokok adalah salah satu pelariannya.

Manfaat itu tak muncul pada pemberian nikotin dosis rendah dan menengah. ” Nikotin jadi pelindung otak karena bisa menekan nafsu makan, ” kata pimpinan studi Ursula Winzer-Serhan, Selasa ( 20/9). Efek samping permberian nikotin dosis tinggai berupa kecemasan tak tampak meski studi menunjukkan nikotin tinggi memicu kesemasan.

Namun, mekanisme nikotin memperlambat penuaan otak itu belum pasti. Jadi, perlu uji klinik pada manusia secara luas. Riset itu bukan untuk mendorong orang merokok. ” Jika dampak buruk nikotin pada kesehatan lebih besar, manfaat nikotin bisa diabaikan, ” ucapnya.

Sumber : Kilas Iptek / Science Daily / MZW.