Pasien rumah sakit yang harus dipasang kateter untuk memperlancar  aliran atau memantau kondisi air kencing sering mengalami infeksi saluran kencing. Bakteri yang sering terkumpul di selang kateter adalah Escherichia coli dan Proteus mirabilis. Studi peneliti di Universitas Southampton, Inggris, yang dipimpin Bashir Lwaleed dan dipublikasikan di Journal Of Clinical Pathology, dilaporkan BBC, Selasa ( 27/9 ), menunjukkan, penggunaan madu dan air mengatasi terbentuknya lapisan lengket yang sulit hilang di permukaan selang kateter sehingga mencegah infeksi.

Beberapa orang menganggap madu tidak memiliki manfaat bagi tubuh kita. Kadang madu hanya dijadikan pemanis di dalam minuman. Padahal apabila ketahui banyak sekali manfaat dan kegunaan bagi tubuh kita. Salah satu contoh yaitu menjaga stamina tubuh kita

Beberapa orang menganggap madu tidak memiliki manfaat bagi tubuh kita. Kadang madu hanya dijadikan pemanis di dalam minuman. Padahal apabila ketahui banyak sekali manfaat dan kegunaan bagi tubuh kita. Salah satu contoh yaitu menjaga stamina tubuh kita, mencegah infeksi saluran kencing. Madu asli terasa manis berwarna kuning tua. Madu dihasilkan oleh bunga, kemudian diambil intisarinya oleh lebah pekerja.

Bahkan, manfaat itu terlihat pada pengenceran madu tingkat rendah, 3,3 persen. Madu menghentikan pengumpulan bakteri dan membentuk sejenis lapisan biofilm pelapis permukaan kateter. Berabad-abad, madu dijadikan antiseptik alami serta obat luka dan luka bakar.

Sumber : Kilas Iptek / BBC / MZW.