Liburan dan meditasi bermanfaat bagi kondisi psikologis seseorang. Riset oleh tim dari Amerika Serikat menunjukkan, liburan dan meditasi juga bemanfaat bagi kesehatan fisik. Miturut Studi yang dipublikasikan di jurnal Tranlational Psychiatry, berlibur dengan mengasingkan diri di resor berpengaruh kuat dan cepat pada sistem molekuler tubuh terkait stres dan sistem kekebalan.

Liburan mendorong kesejahteraan diri, diukur dari emosi pada kebugaran dan hal menyulitkan hidup. Adapun liburan mengasingkan diri disertai meditasi meningkatkan jaringan molekuler, ditandai aktivitas anti virus.

as menarik napas dalam-dalam seperti adalah aktifitas yang sama ketika Meditasi itu dilakukan, dengan adanya penelitian seperti ini menjelaskan bahwa Meditasi juga bermanfaat untuk mengurangi perasaan cemas seseorang.

Aktivitas menarik napas dalam-dalam lalu menahan napas sebentar di dada, setelah itu membuang pelan-pelan adalah aktifitas pernapasan ketika Meditasi dilakukan.  Penelitian menjelaskan bahwa Meditasi juga bermanfaat untuk kesehatan fisik, mental dan emosional seseorang yang mudah dihinggapi  perasaan cemas.

Dampak liburan dengan meditasi lebih lama dibandingkan liburan semata.  Profesor genomika di Sekolah Kedokteran Icahn, Universitas California, AS, Selasa ( 30/8 ), mengatakan, itu mengatasi stres dan penuaan.

Sumber : Kilas Iptek / Science Daily / MZW.