Bisa jadi karena tak banyak yang dilihat tentang Kepulauan Faroe ketika dicari di mesin pencari Google, seorang perempuan dari Torshavn, Kepulauan Faroe, memberdayakan domba-domba di negara berpenduduk 50.000 jiwa itu untuk merekam situasi di sana, kemudian diunggah di Google Street View. Laman UPI melaporkan, Durita Andreassen tak kurang akal bagaimana caranya agar situasi Kepulauan Faroe terekam di Google. Ia memperdayakan domba-domba yang populasinya melebihi manusia itu.

Sebanyak 70.000 domba yang tersebar di 18 pulau, badannya dipasangi kamera bertenaga surya untuk menangkap gambar-gambar situasi di Kepulauan Faroe. Google pun langsung merespon dan memandang proyek Andreassen, Sheep View, tersebut sebagai sesuatu yang serius. Tak lama berselang, Google segera mengirim tim Google Maps ke Kepulauan Faroe dan menyiapkan 50.000 warga dan perangkat yang diperlukan untuk merekam Street Views.

domba saya yang besar untuk menangkap trek dan jalan dari Kepulauan Faroe, tetapi untuk menutupi jalan Faroe menyapu besar dan seluruh lanskap nafas-mengambil, kita perlu Google untuk datang dan peta mereka. - Lihat lebih lanjut di:

Kemana pun domba bergerak, maka street view hasil rekaman kamera tenaga surya yang dipasang Durita Andreassen pada domba akan merekam pemandangan jalan menanjak, menurun dari Kepulauan Faroe. Ide cemerlang Durita membuat Google memutuskan untuk membantu proyek Google Maps agar Kepulauan Fareo ada dalam peta dunia yang  terakses lewat google maps di internet.

Durita Dahl Andreassen memimpin Sheep Lihat 360 proyek di Kepulauan Faroe. (Visitfaroeislands.com)

Durita Dahl Andreassen mengarahkan domba-domba agar bergerak menuju pantai di Kepuluan Faroe dengan latar belakang ombak yang bergulung tenang. Foto : Visitfaroeislands.com

Manajer Program Google Maps David Castro Gonzalez de Vega menulis bahwa kini Kepuluan Faroe telah disuplai seorang penjelajah dan kamera 360 derajat. Para warga dan wisatawan juga bisa membantu domba-domba itu untuk mengumpulkan citra Street View di tanah mereka menggunakan perangkat swafoto mereka. Ada sepeda, ransel, mobil, kayak, kuda-kuda, kapal-kapal, bahkan gerobak.

UPI / LOK.