Nada dan fluktuasi nada tangisan pertama bayi baru lahir ditentukan bahasa ibu mereka. Anak mengenal bahasa ibu sejak tiga bulan terakhir dalam kandungan. Studi di Jerman-Tiongkok yang dipimpin peneliti Universitas Wurzburg, Jerman, meneliti tangisan pertama bayi di Tiongkok dan Kamerun. Bahasa bernada agak janggal bagi telinga Eropa.

Bahkan di beberapa hari pertama kehidupan mereka, bayi Prancis menangis berbeda untuk bayi Jerman. Foto: Erich Kasten / Pixelio.deFoto: Erich Kasten / Pixelio.de

Bahkan di beberapa hari pertama kehidupan bayi yang baru lahir,  bayi Prancis menangis berbeda untuk bayi Jerman. Demikian pula untuk bayi lahir orangtua Tiongkok, berbeda dengan bayi lahir orangtua Kamerun. Foto: Erich Kasten / Pixelio.

newborn-babies

Namun, dalam sejumlah bahasa, kata atau suku kata yang diucapkan dengan nada berbeda akan memberi makna berbeda, seperti bahasa Mandarin yang dipakai masyarakat Tiongkok dan Taiwan, dan bahasa Lamnso di barat laut Kamerun. ” Tangisan pertama bayi dari ibu yang berbicara dengan bahasa bernada punya variasi melodi sangat tinggi dibanding, misalnya, bayi Jerman, ” kata Kepala Pusat Pengembangan Prawicara dan Gangguan Perkembangan di Universitas Wurzburg Kathleen Wermke, seperti dikutip Sciencedaily.com, Jumat ( 19/8 ).

Sumber : Kilas Iptek / Science Daily / MZW.