Studi menunjukkan, induk pipit zebra ( zebra finch/Taeniopygia guttata ) di Australia menyuarakan kicauan khusus, melengking dan ritmis, pada telur saat cuaca panas, itu mengubah perkembangan anaknya jadi lambat tumbuh dan berbobot ringan untuk menghadapi kondisi panas. Jadi, induk menyiapkan anaknya tahan kondisi panas sejak anak dalam telur. Melalui publikasi di jurnal Science, tim peneliti menyatakan, itu bentuk adaptasi satwa pada pemanasan global.

Burung pipit zebra (zebra finch) pun ternyata memiliki  perangai seperti itu. Dalam penelitian di Universitas Exeter, Inggris, dan hasilnya dipublikasikan dalam jurnal Proceedings of the Royal Society B, Rabu (19/12), terungkap kalau sebagian besar kicauan pipit zebra jantan dimaksudkan untuk menipu burung betina yang baru ditemuinya.

Burung pipit zebra (zebra finch)  dalam penelitian di Universitas Exeter, Inggris, dan hasilnya dipublikasikan dalam jurnal Proceedings of the Royal Society B, Rabu (19/12), terungkap kalau sebagian besar kicauan pipit zebra jantan suka menipu burung betina yang baru ditemuinya dengan kicuan merdu suaranya, alias kicauan khusus memikat lawan jenisnya.

” Kisauan induk berdampak pada kognisi dan pembelajaran. Studi kami pertama kali menunjukkan kicauan punya efek pada tumbuh kembang fisik anak burung, ” ujar penulis utama riset dari Universitas Deakin, Australia, Mylene Mariette, Jumat  ( 19/8 )

Sumber : Kilas Iptek / BBC / JOY.