Jangan sepelekan kebugaran tubuh pada pagi hari. Penelitian yang diterbitkan di jurnal PNAS oleh tim peneliti dari Universitas Cambridge, Inggris, menunjukkan,serangan virus yang menginfeksi tubuh pada pagi hari memiliki tingkat bahaya 10 kali lipat, tetapi bukan berarti tidak berbahaya di waktu lain. Tikus percobaan yang diinfeksi virus pada pagi hari memiliki serangan mematikan 10 kali lipat dibandingkan tikus yang diinfeksi sore hari.

Anda sering merasakan bahwa pagi hari adalah hari terburuk ketika Anda alami flu atau infeksi lainnya, kecurigaan Anda telah terjawab. Ternyata, studi terbaru menemukan bahwa pagi hari adalah waktu di mana kuman dapat berkembang sepuluh kali lebih cepat daripada di malam hari.

Anda sering merasakan bahwa pagi hari adalah hari tak menyenangkan, saat tubuh tidak fit karena penyakit, misalnya kena flu atau infeksi lainnya. Ternyata, studi terbaru menemukan bahwa pagi hari adalah waktu di mana kuman dapat berkembang sepuluh kali lebih cepat daripada di malam hari.

Pada manusia, gangguan jam biologis tubuh, baik karena kerja lembur maupun jet lag, membuat tubuh rentan terinfeksi virus. ” Orang dengan kerja shift beberapa malam adalah kandidat utama penerima vaksin flu tahunan, ” kata penulis utama laporan, Dr Rachel Edgar, seperti dikutip BBC, Selasa ( 16/8 ).

Sumber : Kilas Iptek / BBC / GSA.

Iklan