Program wisata mengamati paus di Alaska berubah menjadi operasi penyelamatan rusa yang nyaris tenggelam. Sebanyak 18 wisatawan di kapal wisata didampingi ahli ilmu alam Audrey Benson tengah mengamati perilaku paus ketika awak kapal mendengar ada dua rusa berenang di barat Pulau Shelter. ” Kami dengar ada dua rusa berenang, ” ujarnya.

Setelah melihat paus sebentar para penumpang penasaran ingin melihat rusa. Kami segera ke sana, dan melihat hanya ada satu rusa, katanya. Ternyata rusa itu kelelahan dan berjuang mempertahankan kepalanya di atas air. Benson, awak kapal, dan para penumpang lalu bekerja sama membuat laso menangkap rusa itu.

” Rusa limbung lalu diangkat ke kapal dan giginya gemeletuk. Dia berusaha berdiri tegak, tertapi gemetar dan langsung tersungkur, kata Benson. Rusa itu kemudian dibawa ke Pulau Shelter dan dilepaskan.

Benson menolong rusa kutub yang timbul tenggelam dari perahu

Benson menolong rusa kutub yang timbul tenggelam kepalanya dari perahu saat mereka berada di perairan barat Pulau Shelter. Ilustrasi : Handining.

Ini pengalaman unik. Saya belum pernah menyentuh rusa kutub sebelumnya, ujarnya.

Mereka juga tidak menemukan rusa kedua, yang diduga telah tenggelam. Rusa kerap terlihat berenang di sekitar Pulau Shelter, tetapi jarang hingga tenggelam.

AP / WAS.

Iklan