Gara-gara seekor monyet, penduduk Kenya, Selasa lalu, harus menjalani malam tanpa aliran listrik. Padamnya listrik hampir di seluruh bagian Kenya tersebut akibat rusaknya transformator yang memasok 180 megawatt pada pembangkit listrik milik Kenya Electricity Generating Company ( KenGen ). Produsen listrik negara Kenya Power dan KenGen mengatakan, pasokan listrik terhenti pada pukul 11.30 waktu setempat setelah terjadi kerusakan teknis di pembangkit listrik Gitaru Hydro yang dioperasikan KenGen, perusahaan listrik terbesar di Afrika Timur.

” Seekor monyet memanjat atap di Pembangkit Gitaru dan terjatuh ke dalam transformator dan mengakibatkan kegagalan teknis untuk memasok 180 megawatt listrik, ” ujar pernyataan KenGen. Kegagalan teknisi ini menyebabkan padamnya aliran listrik hampir di seluruh Kenya.

pasien sakit ditemani nyala lilin

Pasien di rumah sakit Kenya pun merasakan dampak pemadaman listrik di kamar perawatan. Ditemani nyala lilin pasien melewatkan malam dalam gelap gulita.

” Pembangkit yang dikelola KenGen sebenarnya dilindungi pagar tinggi untuk mencegah penyusupan hewan liar. Kami sangat menyesal kejadian ini dan akan mengevaluasi kembali sistem keamanan kami agar tidak terulang di kemudian hari di semua pembangkit yang kami kelola, ” ujar KenGen.

Reuters / JOY.