Jangan sembarangan mendidik anak-anak. Sebaiknya ajari anak-anak sesuatu yang positif dan berilah contoh tindakan yang baik. Anak-anak tentu akan menyerap dan meneladani contoh tindakan yang baik itu. Namun, tidak demikian dengan seorang ayah yang bertempat tinggal di Quincy, Massachusetts, Amerika Serikat.

Laman UPI melaporkan, gara-gara ayahnya melanggar lampu merah lalu lintas, seorang anak berusia enam tahun justru melaporkan ayahnya itu ke polisi. Anak laki-laki itu bernama Robert. Ia menelepon 911 untuk mengontak polisi Quincy setelah ayahnya melanggar lampu merah.

” Ayah jalan terus saat lampu merah menyala, ” kata Robert saat menelepon polisi. Laporan itu kemudian dibagikan di laman Facebook Kepolisian Quincy. Robert memberikan informasi lebih detail kepada operator 911 dari ujung telepon rumah keluarganya.

Robert menjelaskan, ia sedang duduk di jok belakang kendaraan yang dikemudikan ibunya ketika ia melihat ayahnya sedang mengendarai truk warna hitam dan melanggar lampu merah. Operator 911 kemudian meminta Robert untuk memberikan telepon ayahnya dan Robert pun dapat mendengar ayahnya berbicara di telepon dengan operator 911 itu. Setelah mendengar apa yang dikatakan polisi di telepon, ayah Robert tertawa.

anak pegang hp 911

Anak Robert melaporkan ayahnya ke petugas 911 soal ayahnya mengemudi truk melanggar lampu merah. Ilustrasi : Didie SW.

Ia minta maaf atas kesalahannya melanggar lampu merah dan juga atas panggilan telepon yang dilakukan Robert. Saluran 911 biasanya digunkan untuk laporan kejadian darurat yang butuh penanganan cepat. Ayah Robert memastikan tak ada hal darurat yang terjadi.

Operator 911  menjelaskan, hal-hal aneh seperti itu kadang terjadi, bercampur dengan panggilan telepon yang benar-benar memerlukan pertolongan darurat. ” Setiap hari kami menerima banyak panggilan telepon 911. Sering kali panggilan tersebut berasal dari orang-orang yang memerlukan pertolongan darurat, ” demikian penjelasan polisi Quincy.

Operator 911 sering menerima panggilan telepon iseng yang tak ada hubungannya dengan pertolongan darurat. Mereka bekerja dengan sabar menjawab setiap panggilan dari orang yang tak dikenal.

Operator 911 sering menerima panggilan telepon iseng yang tak ada hubungannya dengan pertolongan darurat. Mereka bekerja dengan sabar menjawab setiap panggilan dari orang yang tak dikenal.

Namun, kadang-kadang juga ada yang salah pencet. Atau juga seperti yang dilakukan Robert.

UPI /LUK.

Iklan