Jengkel berat kepada pegawasi pemerintah yang doyan bolos, Wali Kota Boscotrecase sebuah kota kecil di dekat Napoli, Italia, meminta polisi menahan 23 pegawai negeri, Selasa ( 12/7 ). Polisi menaham hampir separuh pegawai di Balai Kota Boscotrecase setelah satu pekan setelah satu pekan penyelidikan yang mengungkap terjadi 200 kasus bolos kerja yang melibatkan 20 pegawai. Kamera penyelidik membuktikan, sejumlah pegawai melakukan presensi, tetapi tak lama kemudian keluar kantor untuk urusan pribadi.

Wali kota Boscotrecase jengkel pada pegawai negerai yang rame-rame bolos. Ilustrasi : Handining.

Wali kota Boscotrecase jengkel pada pegawai negeri yang rame-rame bolos. Ia meminta bantuan polisi untuk menahan 23 pegawai negeri yang suka bolos tanpa sepengetahuan atasannya. Ilustrasi : Handining.

Ada pula pegawai yang melakukan presensi ganda untuk kepentingan teman-temannya. ” Saya mungkin harus menutup balai kota ini, ” ujar Pietro Carotenuto, wali kota yang terpilih bulan lalu untuk memimpin kota berpenduduk 11.000 jiwa tersebut. Dia mengatakan, empat departemen di balai kota terpaksa ditutup pada Selasa karena kekurangan staf.

Dia mengatakan, empat departemen di balai kota terpaksa ditutup pada Selasa karena kekurangan staf. Tuduhan yang dijatuhkan kepada 23 pegawai balai kota tersebut antara lain kejahatan terhadap negara, dan mereka bisa dihukum sampai 12 bulan penjara.

Reuters / JOY.