Seorang koboi seharusnya mahir menggunakan laso untuk menangkap kuda atau menjerat hewan buruan. Biasanya, laso yang diikat melingkar di ujungnya akan diputar-putar terlebih dahulu sebelum dilemparkan ke tujuan. Itu adalah kisah koboi zaman dulu.

Kini, laso sudah dimodifikasi untuk berbagai hal. Salah satunya untuk atraksi atau unjuk kebolehan teknik laso yang lumayan sulit. Bukan untuk gerak lompat tali biasa, melainkan menampilkan gerakan melompat, menari, sekaligus memainkan laso dengan menggentakkannya ke lantai dalam gerakan tali yang meliuk-liuk beberapa kali sekali entak.

Rodeo pemain Javier Escamilla menetapkan Guinness World Record dengan melakukan 100 " Texas melompat " dalam satu menit . Teknik lasso sulit melibatkan melompat melalui berayun beberapa kali lasso sambil menjaga tali bergerak . Screen capture / Today Show

Pemain Rodeo Javier Escamilla memecahkan Guinness World Record dengan melakukan 100 kali lompatan  dalam satu menit . Teknik lasso sulit dilakukan jika bukan ahlinya. Gerakan melompat, berayun beberapa kali menjadi ciri khas teknik laso. Screen capture / Today Show.

Dalam program Today Show stasiun televisi NBC Today, segmen Supreme Summer Week, seorang penampil rodeo bernama Javier Escamilla unjuk kebolehan lengkap dengan baju dan topi sombrero Meksikonya. Escamilla mengatakan ingin memecahkan rekor dunia gerak lompat laso yang ia sebut sebagai Laso Texas Skip. Rekor sebelumnya adalah 80 kali, sedangkan dia ingin melakukannya 100 kali dalam satu menit.

” Laso Texas Skip merupakan bagian yang tersulit dari trik lompat tali di Meksiko, ” ujar Escamilla. Setelah bersiap diri, Escamilla mulai unjuk kebolehan, dan tiga pembawa acara menghitung waktu yang terus berjalan.

Escamilla memulai aksi lompat laso sejak usia empat tahun serta telah berkeliling Eropa dan Meksiko untuk mempertunjukkan kebolehannya yang ia beri tajuk Trick Rope Show Hermanos Escamilla. Setelah satu menit berlalu, pembawa acara pun menyatakan Escamilla berhasil memecahkan Guinness World Records dengan 100 kali lompatan.

LOK.

Iklan