Sekelompok orang berupaya menyelematkan hidup paus biru yang tersangkut jaring nelayan dan berbagai peralatan pancing lainnya di lepas pantai California Selatan, Amerika Serikat, Senin ( 27/6 ). Laman UPI melaporkan, paus biru dengan panjang badan sekitar 18,2-19,8 meter itu pertama kali dilihat kelompok grup pengawas paus lokal pukul 09.30 di dekat Dana Point. Paus biru saat itu menyeret barisan kepiting.

Paus biru terperangkap jaring nelayan di lepas pantai California Selatan. Ilustrasi : Handining.

Paus biru terperangkap jaring nelayan di lepas pantai California Selatan. Ilustrasi : Handining.

Paus biru menyeret kepiting hingga sejauh 60,9 meter dan beberapa pelampung di ekornya. Paus biru biasanya berenang agak jauh dari garis pantai dan sangat jarang terbelit atau terseret jaring nelayan. Tim penyelamat sudah enam kali berupaya memotong jaring yang menjebak paus tersebut dan menarik ke bawah ekornya.

Pada satu titik, mereka dapat mendekat hingga 6 meter ke ekor paus itu, teapi tak dapat langsung memotong jaring nelayan yang membelit paus. Miturut data National Marine Fisheries Services, tahun 2016 jumlah paus  yang terbelit jaring nelayan agak tinggi, setidaknya 40 paus sejak Januari 2016 di lepas pantai California.

UPI /LOK.

Iklan