Bukan dengan terbang, sebuah pesawat kargo Boeing 767 sepanjang hampir 50 meter mengarungi lautan menumpang sebuah tongkang. Pesawat yang sudah tidak terpakai ini diangkut dari Bandara Shannon di Irlandia menuju sebuah resor di County Sligo. Butuh waktu sekitar enam jam untuk menaikkan pesawat itu ke tongkang sebelum diangkut menyeberangi laut.

Pemandangan unik tersebut menarik perhatian warga yang tinggal dan juga yang tengah berada di kawasan pantai yang dilalui pesawat itu. Mereka bertanya-tanya, ada pesawat berbobot 50 ton berjalan pelan di atas laut. Pemindahan pesawat tersebut merupakan bagian dari proyek pebisnis bernama David McGowan.

Pesawat umumnya digunakan sebagai transportasi udara. Namun pengusaha Irlandia, David McGowan, punya ide untuk menjadikan pesawat Boeing 767 bekas miliknya sebagai sarana akomodasi untuk tempat wisata di Enniscrone, Co Sligo. Pesawat yang sudah tak lagi digunakan itu awalnya berada di Bandara Shannon. David kemudian melakukan cara unik untuk memindahkan pesawat senilai 16 ribu pounds atau sekitar Rp 300 juta lebih tersebut. Bukan melalui udara, pemindahan pesawat dengan tinggi 159 kaki itu dilakukan lewat jalur laut.

Pesawat umumnya digunakan sebagai transportasi udara. Namun pengusaha Irlandia, David McGowan, punya ide untuk menjadikan pesawat Boeing 767 bekas miliknya sebagai sarana akomodasi untuk tempat wisata di Enniscrone, Co Sligo.
Pesawat yang sudah tak lagi digunakan itu awalnya berada di Bandara Shannon. David kemudian melakukan cara unik untuk memindahkan pesawat senilai 16 ribu pounds atau sekitar Rp 300 juta lebih tersebut. Bukan melalui udara, pemindahan pesawat dengan tinggi 159 kaki itu dilakukan lewat jalur laut.

Setelah memakan waktu 36 jam lebih, pesawat itu akhirnya tiba dengan selamat. Masyarakat setempat di kawasan Enniscrone ikut antusias dengan rencana David untuk menjadikan pesawat tersebut sebagai obyek wisata.

Setelah memakan waktu 36 jam lebih, pesawat itu akhirnya tiba dengan selamat. Masyarakat di kawasan Enniscrone ikut antusias dengan rencana David untuk menjadikan pesawat tersebut sebagai obyek wisata.

Miturut rencana, ia bakal menggunakan pesawat itu untuk glamping-akronim dari glamour camping ( berkemah mewah ) di sebuah resor di Enniscrone. Selain pesawat, turis di resor iu juga bisa melihat moda transportasi lain, seperti bus, taksi, dan kereta api. Moda-moda itu diubah menjadi tempat menginap lengkap dengan akomodasi bagi turis.

Manajer Perlengkapan Bandara Shannon, Deirde Whitney, mengatakan belum pernah mengirim kargo berbentuk pesawat sebelumnya. ” Tidak pernah berpikir mengangkut sebuah pesawat dengan tongkang, ” ujarnya.

BBC / BEN / Picture by : wow.keren

Iklan