Artis-artis jalanan yang berkostum karakter, seperti Iron Ma, The Hulk, Ana Frozen, Elmo, dan Spongebob, mulai 21 Juni mendatang tidak bisa lagi berkeliaran bebas di trotoar Times Square, New York, AS. Pergerakan mereka akan dibatasi dalam zona  khusus yang dibatasi. Kebijakan ini dibuat karena banyak pejalan kaki mengeluh terganggu dengan artis jalanan yang meminta uang sebagai imbalan berpose foto dengan mereka.

Bahkan ada artis jalanan yang ditangkap, Kamis ( 9/6 ), karena agresif meminta uang dari pejalan kaki dan kabur karena menolak memberi uang kembalian. Zona khusus yang disiapkan seluas 2,4 meter x 15,2 meter. Zona khusus itu akan dipisahkan dari zona khusus pejalan kaki atau jalur ekspres bagi pejalan kaki yang tidak mau terganggu jalannya karena turis heboh berfoto dengan artis jalanan.

 Meski berbaju pahlawan, mereka sering kali tidak sepenuhnya jujur. Di awal ajakan mereka bakal membuat si pengunjung merasa nyaman. "Foto dulu saja. Kalau uang itu cuma donasi. Seiklhasnya," kata Spiderman. Begitu sesi foto akan dilakukan, dalam sekejap figur superhero dan tokoh cerita lain berdatangan. Dalam waktu singkat pula frame yang tadinya untuk dua orang saja, jadi melebar untuk tiga atau empat orang.


Meski berbaju pahlawan ala Iron Man saat menawarkan diri berfoto, tapi mereka sering kali tidak sepenuhnya jujur. Di awal ajakan mereka bakal membuat si pengunjung merasa nyaman. ” Foto dulu saja. Kalau uang itu cuma donasi. Seiklhasnya,” kata Spiderman. Begitu sesi foto akan dilakukan, dalam sekejap figur superhero dan tokoh cerita lain berdatangan. Dalam waktu singkat pula frame yang tadinya untuk dua orang saja, jadi melebar untuk tiga atau empat orang.

Kelakuan artis jalanan sudah dianggap keterlaluan. Bukan hanya dengan turis mereka sering berantem. Dengan sesama pun mereka sering ribut karena rebutan turis.

Turis sering ribut dengan mereka karena tak tau harus memberi uang tip seikhlasnya. Kalau aturan mulai diberlakukan, artis-artis jalanan itu tidak boleh keluar dari garis zona khusus. Begitu ketahuan sedikit saja keluar garis, mereka akan  kena denda, bahkan langsung ditangkap polisi.

AP / Luk.

Iklan