Gajah-gajah Asia yang menjadi bagian The Ringling Bros Circus akan dipensiunkan dua tahun lebih awal dari rencana semula. Media upi.com menulis, perusahaan sirkus tersebut  mengumumkan hal itu pada Senin ( 11/1 ). Sebanyak 11 gajah yang masih turut dalam sirkus akan dipensiunkan pada 1 Mei.

Mereka dipindahkan ke kandang atau lokasi pelestarian permanen di dekat Walt Disney World, Florida, Amerika Serikat. Pada Maret 2015, setelah bertahun-tahun didesak aktivis pembela hak-hak hewan dan pemerintah lokal, tak lagi  mendukung biaya perawatan hewan-hewan di sirkus Feld Entertainment. Sebagai gantinya, gajah-gajah itu akan dipensiunkan dan dipelihara di lokasi pelestarian.

Seiring dengan kepedulian masyarakat tentang populasi gajah di dunia dan bagaimana mereka diperlakukan, membuat Amerika Serikat menentang penggunaan gajah dalam aksi pertunjukan sirkus. Dengan begitu, Ringling Bros dan Bamum and Bailey Circus memberhentikan atraksi gajah-gajah milik mereka yang sudah menjadi tradisi menghibur penonton di Amerika selam satu setengah abad lalu.

Seiring dengan kepedulian masyarakat tentang populasi gajah di dunia dan bagaimana mereka diperlakukan, membuat Amerika Serikat menentang penggunaan gajah dalam aksi pertunjukan sirkus. Dengan begitu, Ringling Bros dan Bamum and Bailey Circus memberhentikan atraksi gajah-gajah milik mereka yang sudah menjadi tradisi menghibur penonton di Amerika selama satu setengah abad lalu.

” Ketika kami mengumumkannya tahun lalu, kami berencana memensiunkan  gajah-gajah itu tahun 2018, ” kata Stephen Paynee, wakil presiden komunikasi perusahaan sirkus tersebut. Kami terkejut atas  kerja keras anggota staf pusat.

Kami telah punya gudang, area padang rumput, dan sumber daya air untuk memindahkan gajah itu  secepatnya, kata Payne. Pada dasarnya kami telah menyusun rencana dan segera menjalankannya.

LOK.

Iklan