Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat ( NASA ) mengingatkan dampak El Nino tahun ini akan sama seperti tahun 1998, El Nino terkuat yang  pernah tercatat. Fenomena cuaca yang dipicu menghangatnya suhu laut di bagian tengah Samudra Pasifik itu berdampak besar terhadap cuaca di sejumlah benua. Mulai kekeringan panjang dan berkurangnya intensitas hujan di satu belahan Bumi hingga banjir besar dan hangatnya puncak musim dingin di bagian Bumi lainnya.

Fenomena cuaca kering atau El Nino yang melanda Indonesia dan hampir seluruh wilayah Asia merusak rantai pangan global. Dampak El Nino kali ini sangat parah dan mempengaruhi jumlah penangkapan ikan, harga energi serta pasokan unggas global. Foto : Kekeringan El Nino. ©Reuters

Fenomena cuaca kering atau El Nino yang melanda Indonesia dan hampir seluruh wilayah Asia merusak rantai pangan global. Dampak El Nino kali ini sangat parah dan mempengaruhi jumlah penangkapan ikan, harga energi, serta pasokan unggas global. Foto : Kekeringan El Nino. ©Reuters

El Nino terjadi tiap 2-7  tahun  sekali dan puncaknya di akhir atau awal tahun seperti saat ini. Namun, dampak El Nino masih terasa hingga beberapa bulan ke depan. El Nino menyebabkan kemarau panjang dan memicu rendahnya intensitas hujan di Indonesia.

Di Paraguay, Argentina, Uruguay, dan AS terjadi banjir besar. El Nino dan aktivitas manusia memicu perubahan iklim dan keduanya saling memodifikasi, ” kata Sekretaris Jenderal WMO Michael Jarraud, seperti dikutip BBC, Rabu ( 30/12 ).

BBC / MZW.

Iklan