Saturnus punya 62 bulan yang semuanya dipengaruhi gravitasi planet induknya dan gravitasi bulan lain. Pemodelan komputer, sejumlah bulan Saturnus, yakni Tethys, Dione, dan Rhea, belum menunjukkan perubahan sumbu orbit. Umur ketiga bulan itu diperkirakan kurang dari 100 juta tahun atau lebih muda daripada dinosaurus di Bumi.

Tim peneliti pun menemukan bahwa banyak dari bulan Saturnus--kecuali yang jauh seperti Titan--mungkin terbentuk 100 juta tahun lalu. Artinya, banyak dari bulan Saturnus terbentuk selama Periode Cretaceous di Bumi, era di mana banyak dinosaurus masih hidup.

Tim peneliti  menemukan bahwa banyak dari bulan Saturnus, kecuali yang jauh seperti Titan, mungkin terbentuk 100 juta tahun lalu. Artinya, banyak dari bulan Saturnus terbentuk selama Periode Cretaceous di Bumi, era di mana banyak dinosaurus masih hidup.

” Bulan selalu berubah orbit, itu tak terelakkan, ” kata peneliti utama Institut Intelligence ( SETI ), Matija Cuk, seperti dikutip space.com, Jumat ( 25/3 ). Secara perlahan, seiring bertambahnya waktu, orbit bulan-bulan itu bergeser kian menjauhi Saturnus dan miring.

Lalu, dari mana bulan-bulan muda Saturnus itu berasal ? Dugaan terbaik, terbentuk dari tabrakan bulan-bulan Saturnus sebelumnya. Pecahannya lalu bersatu lagi membentuk bulan dan cincin Saturnus berumur lebih muda.

Sumber : Kilas Iptek / SPACE / MZW.

Iklan