Bulan Ramadhan 1437 Hijriyah sudah dimulai Senin pagi 06 Juni 2016. Dalam bulan suci yang dinanti sejak sebulan lalu, kaum muslimin dan muslimat mulai menjalankan ibadah puasa. Dalam puasa kali ini kita wajib menahan segala nafsu dan lebih banyak mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

Puasa di bulan Ramadhan merupakan kewajiban bagi umat Islam. Puasa juga sering dikaitkan dengan proses detoksifikasi atau proses pengeluaran zat sisa/racun dari dalam tubuh. Apalagi jika dilakukan selama satu bulan penuh, tentu akan sangat baik bagi kesehatan tubuh kita.

Manfaat puasa.com menjelaskan, bahwa puasa ramadhan untuk kesehatan sangat berperan untuk menetralkan racun dalam tubuh. Selama berpuasa, tubuh akan melakukan detoksifikasi atau mengeluarkan racun dari sistem pencernaan. Saat tubuh menggunakan cadangan lemak untuk membentuk energi, cadangan lemak akan membakar setiap racun berbahaya yang ada di dalam tubuh.

Ilustrasi : Swaramuslim.

Puasa sehat : Ilustrasi Swaramuslim.

Puasa juga bisa mencegah penyakit diabetes yang merupakan penyakit berbahaya. Diabetes disebabkan akibat kadar gula yang tinggi di dalam tubuh. Saat berpuasa, maka kita bisa mengontrol asupan makanan manis yang masuk ke dalam tubuh.

Banyak penyakit susah untuk disembuhkan sekalipun kita telah minum obat kimia berdasarkan resep dokter. Namun mari kita coba sembuhkan gangguan tubuh karena penyakit dengan cara berpuasa di bulan Ramadhan.

Orang beriman dianjurkan berpuasa sebulan penuh dan  Umat Islam telah paham arti seruan dari Tuhan Sang Pencipta alam semesta ini. Mereka akan menjalaninya dengan ikhlas sambil mengharap ridha-Nya.

ramadhan-mubarak

Puasa Ramadhan untuk kesehatan begitu luar biasa yang datang setahun sekali, yaitu di bulan Ramadhan selama sebulan penuh. Selain menjadi momen yang ditunggu-tunggu, puasa pada bulan Ramadhan juga mendatangkan banyak hikmah dan bermanfaat untuk kesehatan. Untuk itulah sehat dengan puasa mengucapkan  selamat menjalankan ibadah puasa kepada  semua sahabat yang menjalankannya.

Iklan