Ciri yang membedakan antara ikan dan binatang lain adalah leher. Ikan tidak memiliki leher karena mempersulit berenang cepat. Saat ikan mengembangkan leher, dikategorikan sebagai jenis binatang lain. Binatang peralihan dari ikan jadi binatang lain karena punya leher ditemukan pada makhluk Tiktaalik roseae, makhluk separuh ikan, separuh hewan berkaki empat, yang hidup 375 juta tahun silam.

Fosil ikan itu ditemukan di Pulau Ellesmere, utara Kanada, tahun 2004. Kurator paleontologi pada Akademi Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Drexel, Philadelphia, Amerika Serikat, Senin ( 18/4 ), mengatakan, sebagai ganti leher, ikan punya serangkaian tulang yang menghubungkan tengkorak dengan tulang bahu yang menempel pada sirip, seperti tulang selangka ( klavikula ) dan tulang belikat ( skapula ). ” Tulang pengganti leher itu mendukung tubuh bagian depan, baik itu sirip maupun lengan, ” katanya.

Gambar ini menunjukkan rekonstruksi Tiktaalik roseae . Seorang ahli mengatakan kepada Live Science, jika ikan memiliki leher, maka bisa disebut bukan ikan, melainkan masuk dalam klasifikasi hewan lain. Tapi para ahli juga menyebutkan bahwa nenek moyang ikan dulunya memang memiliki leher. Ikan tersebut yaitu Tiktaalik roseae, yang hidup sekitar 375 juta tahun lalu selama periode Devonian. Para ilmuan menjelaskan bahwa T. roseae memang bisa disebut ikan, tapi di sisi lain makhluk ini merupakan bagian dari tetrapoda atau hewan berkaki empat. Gambar kredit : Tyler Keillor / Beth Rooney .

Gambar ini menunjukkan rekonstruksi Tiktaalik roseae . Seorang ahli mengatakan kepada Live Science, jika ikan memiliki leher, maka bisa disebut bukan ikan, melainkan masuk dalam klasifikasi hewan lain. Para ahli juga menyebutkan bahwa nenek moyang ikan dulunya memang memiliki leher.
Ikan tersebut yaitu Tiktaalik roseae, yang hidup sekitar 375 juta tahun lalu selama periode Devonian. Para ilmuan menjelaskan bahwa T. roseae memang bisa disebut ikan, tapi di sisi lain makhluk ini merupakan bagian dari tetrapoda atau hewan berkaki empat.

Seiring waktu, beberapa jenis ikan berubah bentuk, kehilangan beberapa tulang penghubung tengkorakdengan bahu. Ikan T roseae yang masuk jenis ikan bersirip lobus, seperti ikan purba coelacanth, misalnya, kehilangan tulang penghubung tengkorak dengan bahu dan membentuk leher.

Proses transisi dari ikan ke binatang berkaki empat itu berlangsung selama 20 juta tahun. Leher itu sangat berguna untuk mencari mangsa di air tawar yang dangkal. ” Leher memungkinkan kepala hewan bergerak bebas, memutar kepala secara cepat untuk menangkap mangsa atau bernapas, ” ujarnya.

Sumber : Kilas Iptek / Livescience / MZW /Gambar kredit : Tyler Keillor / Beth Rooney ..

Iklan