Untuk menyambut Hari Buruh 1 Mei kemaren, Pemerintah Rusia mengalokasikan dana sebesar 1,82 juta dollar AS ( Rp 17,3 miliar ) untuk mendapatkan cuaca yang sempurna. Laman upi.com, melaporkan, dana sebesar itu untuk membiayai teknologi penyemaian awan. Tujuannya, memastikan langit akan biru dan cuaca terang di atas Moskwa, ibu kota Rusia, pada 1 Mei 206, sehingga peringatan Hari Buruh Internasional dan perayaan Hari Raya Paskah Ortodoks berjalan sesui rencana.

pesawat terbang 1,32 dollar as

Pesawat terbang menyemprot larutan pasir karbon dioksida, agar langit biru cerah saat perayaan Hari Buruh 1 Mei. Ongkos menyemaikan awan ditaksir 1,32 dollar as. Ilustrasi : Handining.

Proses penyemaian awan itu melibatkan penyemprotan larutan pasir karbon dioksida, nitrogen cair, dan semen dari sebuah pesawat khusus. Miturut dokumen yang diterjemahkan oleh Rusia Beyond The Headlines, prosedur yang direncanakan untuk persiapan 1 Mei 2015 menelan biaya sebesar Rp 17,3 miliar.

Moskwa telah menggunakan atau menerapkan taktik penyemaian aan tersebut sejak era Uni Soviet. Dibutuhkan biaya sebesar lebih dari 6 juta dollar AS ( Rp 78,9 miliar ) untuk hal serupa pada tahun 2015.

UPI / LOK.

Iklan