Dokter di Inggris mengingatkan potensi penyeberan supergonore ( super-gonorrhea ) yang tak mampu diatasi dengan antibiotik yanga ada. Gonore ialah penyakit infeksi menular seksual ( IMS ) disebabkan bakteri Neisseria gonorrhoae dan disebarkan lewat seks vagina, oral, dan anal tanpa pelindung. Selama ini gonore diobati dengan kombinasi antibiotik azitromisin dan seftriakson.

Neisseria gonorrhoeae , bakteri yang bertanggung jawab untuk gonore infeksi menular seksual . Foto : The Science Gambar Perusahaan / Alamy

Neisseria gonorrhoeae , bakteri yang bertanggung jawab gonore pada infeksi penyakit menular seksual . Foto : The Science / Alamy

mikrograf elektron dari Neisseria gonorrhoeae Foto : Alamy

Mikrograf elektron dari Neisseria gonorrhoeae  /Foto : Alamy

Kini, resistensi azitromisin menyebar dan resistensi seftriakson menunggu waktu. Kasus supergonore pertama ditemukan di Leeds tahun lalu dan menyebaar ke sejumlah wilayah Inggris. Semua, supergonore ditemukan pada pasangan heteroseksual, tetapi kini dijumpai pada pasangan homoseksual.

” Supergonore dikhawatirkan menyebar lebih cepat ke pasangan homoseksual,seiring cepatnya berganti pasangan, ” kata konsultan kesehatan seksual di Brisbol, Inggris, Peter Greenhouse, Minggu ( 17/4 ). Pada homoseksual, gonore mudah ditemukan di tenggorokan dan memicu resistensi antibiotik lebih besar karena dosis rendah antibiotik dan banyak bakteri lain di tenggorokan. Gonore tak terobati memicu kemandulan, radang panggul, dan menular ke janin.

Sumber : Kilas Iptek / BBC / MZW.

Iklan