Upacara wisuda istimewa juga terjadi di Waukesha, Hawaii. Di antara para lulusan terdapat Alvin Kind ( 88 ) yang juga veteran Perang Dunia II. Kind sejatinya sudah lulus dari SMA jika tidak bergabung dengan militer untuk berperang.

” Saya berusaha menyelesaikannya sebelum itu, tetapi tak berhasil karena belum lulus satu pelajaran, yaitu Bahasa Inggris, ” katanya. Kind lalu bergabung dengan militer, dua bulan dan dua hari setelah ulang tahunnya yang ke-18 . Setelah menjalankan tugas negara selama 13 bulan, hingga tahun 1946, ia berkeluarga. Anak laki-laki Alvin, Allen, berkata bahwa ayahnya tak pernah bicara soal ketidaklulusannya.

Uniknya, Pak Alvin akan diwisuda bersamaan dengan salah satu cucunya yang kebetulan bersekolah di Alvin High School loh Yangmuda. Ia pun banyak disibukkan dengan kegiatan-kegiatan bersama para teman-teman yang akan diwisuda formal pada bulan Juni tahun ini, seperti gladi resik, membuat pertunjukkan, dan lain sebagainya.

Akhirnya Pak Alvin Kind lulus SMA sekalipun sudah tidak muda lagi. Ia akan diwisuda bersamaan dengan salah satu cucunya yang kebetulan bersekolah di Alvin High School.  Ia pun banyak disibukkan dengan kegiatan-kegiatan bersama para teman-teman yang akan diwisuda formal pada bulan Juni tahun ini, seperti gladi resik, membuat pertunjukkan, dan lain sebagainya.

” Meski ayahku tidak berkata soal itu, namun aku percaya hal itu karena dia tidak ingin kita berpikir bahwa tidak menyelesaikan sesuatu adalah sebuah pilihan, “kata Allen. Namun, Allen dan saudara-saudaranya belakangan berupaya agar Kind dapat memperoleh ijazah.

Peluang terbuka setelah mereka mengetahui pemerintah mengizinkan veteran perang mendapat ijazah jika mereka bergabung dengan militer sebelum lulus. Akhirnya, Kind pun berhasil mendapat ijazahnya.

AP / BEN.

Iklan