Sejumlah senyawa kimia pada tabir surya, seperti9 avobenzon, homosalat, oktisalisiat dan methoksisinamat, berfungsi menapis sinar ultraviolet agar tak terserap kulit. Namun, zat itu terbukti bisa mengganggu fungsi sperma lelaki dan meniru efek hormon progesteron yang banyak terdapat pada perempuan. Itu merupakan hasil studi Niels Skakkebaek dari Universitas Kopenhagen, Denmark, yang meneliti 29 dari 31 tabir surya yang diizinkan dipasarkan di Amerika Serikat dan Eropa.

Tinggal di negara tropis yang terpapar matahari hampir sepanjang tahun membuat tabir surya wajib kita gunakan. Meski begitu, pelindung kulit dari paparan sinar ultraviolet ini diketahui dapat menurunkan kesuburan pria.

Tinggal di negara tropis yang terpapar matahari hampir sepanjang tahun membuat tabir surya wajib kita gunakan. Meski begitu, pelindung kulit dari paparan sinar ultraviolet ini diketahui dapat menurunkan kesuburan pria.

Meskipun tujuan dari filter UV kimia adalah untuk mengurangi jumlah sinar UV matahari mendapatkan melalui kulit dengan menyerap UV , beberapa filter UV yang cepat diserap melalui kulit , kata Skakkebaek . UV filter bahan kimia dilaporkan telah ditemukan dalam sampel darah manusia dan di 95 persen dari sampel urine di AS , Denmark dan negara-negara lainnya . Kredit : © Daxiao Productions / Fotolia

Meskipun tujuan dari filter UV kimia adalah untuk mengurangi jumlah sinar UV matahari masuk kulit, beberapa filter UV cepat diserap melalui kulit , kata Skakkebaek . UV filter bahan kimia dilaporkan telah ditemukan dalam sampel darah manusia dan di 95 persen dari sampel urine di AS , Denmark dan negara-negara lainnya .
Kredit : © Daxiao Productions / Fotolia

” Studi ini menjelaskan mengapa banyak terjadi gangguan kesuburan, ” kata Niels pada pertemuan tahunan Masyarakat Endokrin di Boston, AS, Jumat ( 1/4 ). Sebanyak 45 persen atau 13 dari 29 tabir surya yang diuji memicu lonjakan ion kalsium pada sel sperma sehingga mengganggu fungsi sperma. ” Efek ini terasa pada dosis rendah, sebelum tabir surya dioleskan ke tubuh, ” ucapnya.

Selanjutnya 9 dari13 tabir surya itu menginduksi ion kalsium yang mengaktifkan saluran ion kalsium sperma dan meniru efek hormon progesteron. Akibatnya, peran hormon endokren dan fungsi sperma terganggu.

Sumber : Kilas Iptek / Science Daily / MZW.

Iklan