Rumah duka sekarang memiliki inovasi baru. Sebuah rumah duka di Shanghai, Tiongkok, memiliki layanan teknologi cetak 3D ( tiga dimensi ) untuk memperbaiki dan merekonstruksi jenazah. Laman UPI meleporkan, rumah duka Longhua bisa memperbaiki jenazah yang rusak karena kecelakaan, bencana alam, atau terbakar.

Dikutip dari Shanghai Daily pada Senin (4/4/2016), sebuah rumah duka di Shanghai mencoba ‘memperbaiki’ tampilan jenazah yang rusak dengan menggunakan teknologi pencetakan 3 dimensi (3D printing).

” Sangat sulit bagi keluarga dan kerabat jika harus melihat jenazah yang rusak, seperti wajah atau badan yang tak komplet dari mereka yang mereka cintai, ketika harus menghadiri upacara pemakaman. Mendandani jenazah tak selalu bisa memperbaiki kondisi jenazah, ” kata petugas pusat layanan pemakaman Shanghai, Liu Fengming, kepada Shanghai Daily. Fasilitas Longhua tersebut dilaporkan merupakan yang pertama di Tiongkok dan dapat memperbaiki jenazah menjadi terlihat lebih natural meskipun ada sedikit perbedaan.

Tekonologi dapat memperbaiki penampilan wajah dan jenazah sekitar 95 persen mendekati asli. Teknik cetak juga digunakan di wajah-wajah para pemadam kebakaran yang meninggal tahun lalu karena kecelakaan di Tianjin. Prosedur cetak 3D pada jenazah untuk persiapan pemakaman tersebut menelan biaya 4.000-5.000 yuan atau sekitar Rp 8 juta-Rp 10 juta.

UPI / LOK.

Iklan