Seorang perempuan tak diizinkan masuk Selandia Baru awal pekan ini. Alasannya, dia menyembunyikan enam jeruk lemon di bagian atas celana panjangnya. Seekor anjing keamanan biologis di Bandara Auckland membaui lemon yang disembunyikan perempuan yang baru tiba dari Hongkong itu.

Kepada petugas, perempuan itu mengatakan ia memerlukan jeruk lemon tersebut sebagai bagian dari obat untuk levernya. Petugas tidak terkesan mendengar alasan itu karena buah tersebut dilarang masuk Selandia Baru. Alasan kenapa buah lemon tak boleh masuk negeri itu, karena untuk melindungi hasil bumi domestik.

lemon hongkong

Ilustrasi Buah Lemon. Lemon Hongkong dilarang keras masuk Selandia Baru. Tujuannya jelas yaitu untuk melindungi buah lokal Selandia Baru dari invasi import buah asing.

Perempuan itu dikirim pulang ke Hongkong dengan penerbangan berikut. Selandia Baru dan Australia terkenal ketat dalam mencegah masuknya flora, fauna, dan makanan yang bisa membahayakan keamanan kekayaan bumi mereka.

Itu bukan pertama kali tim keamanan biologis Selandia Baru menggagalkan upaya menyelundupkan flora-fauna dengan menyembunyikan di celana. Tahun 2013 upaya seorang pria Vietnam menyelundupkan ikan lewat Bandara Auckland gagal ketika petugas memperhatikan bahwa air menetes dari saku celana panjangnya.

AFP / DI.

Iklan