Sebanyak 43 ular piton Burma yang berat totalnya 1 ton ditemukan di South Florida, Amerika Serikat. Para peneliti mengatakan, ular-ular piton Burma tersebut adalah bagian dari sebuah penelitian yang berlangsung selama 90 hari. Para ahli biologi dari konservasi Southwest Florida mengumumkan, mereka menarik 43 ular dari Collier County yang berlokasi di Southwest Florida.

Everglades yang merupakan area subtropis basah merupakan habitat kesukaan Piton Burma di Florida.

Everglades yang merupakan area subtropis basah merupakan habitat kesukaan Piton Burma di Florida.  Ular tersebut ditemukan secara tidak sengaja dan ditangkap oleh Jason Leon yang sedang berkendara malam hari di daerah pedesaan Miami, Dade County, Florida.

Menangkap "ular raksasa" sepanjang hampir 6 meter tentu saja bukan pekerjaan yang mudah. Setelah bergumul beberapa saat dan akhirnya dibantu oleh warga sekitar, akhirnya pemuda berusia 23 tahun tersebut berhasil reptil yang di Florida dianggap sebagai salah satu masalah serius.

Menangkap ular piton Burma sepanjang hampir 6 meter tentu saja bukan pekerjaan yang mudah. Setelah bergumul beberapa saat dan akhirnya dibantu oleh warga sekitar, akhirnya pemuda berusia 23 tahun tersebut berhasil reptil yang di Florida dianggap sebagai salah satu masalah serius.

Seekor ular panjangnya mencapai lebih dari 5 meter dan beratnya 63 kilogram. Ian Bartoszek, penelitidi konservasi tersebut, mengatakan kepada Miami Herald bahwa dari studi itu para peneliti mempelajari, banyak ular yang suka bersembunyi di dalam liang yang dibuat oleh hewan lain dan biasanya lebih suka berkelompok, bukan berpasangan. Piton adalah spesies pendatang yang menginvasi lanskap ekologi Florida.

Mereka menjadi predator natural bagi hewan piaraan yang dilepaskan atau kabur dari fasilitas  pembiakan. Merespons populasi piton yang mengejutkan di South Florida itu, khususnya di dalam dan sekitar Taman Nasional Everglades, negara bagian kemudian menetapkan beberapa langkah dalam upaya mengontrol piton tersebut.

Miami Herald / LOK / Picture of Reuters/Florida Fish and Wildlife Conservation Commission .

Iklan