Kalau di Indonesia ada adu balap jangkrik, warga Brisbane, Australia, tak mau kalah. Pada Selasa ( 26/1 ), laman upi.com melaporkan, ratusan orang berkumpul bersorak-sorak memeriahkan Hari Australia ke-35  di Hotel Story Bridge Brisbane dengan tradisi yang tak biasa, yaitu adu balap kecoak. Adu kecoak itu diikuti beberapa partisipan yang membawa sendiri kecoak masing-masing.

Rayakan Australia Day, Ratusan Warga Brisbane Ikuti Lomba Balap Kecoa.

Rayakan Australia Day, ratusan warga Brisbane ikut lomba balap kecoa.

Lomba balap kecoa tahunan ke-35 memperingati Australia Day berlangsung di Hotel Story Bridge.

Lomba balap kecoa tahunan ke-35 memperingati Australia Day berlangsung di Hotel Story Bridge.

Mark Alcorn added,. ABC News Brisbane @ABCNewsBrisbane

Mark Alcorn menang lomba kecoa mengalahkan peserta lain, meluapkan kegembiraan dengan merentangkan kedua lengan tangannya membentuk visual Victory.  Foto by :  ABC News Brisbane @ABCNewsBrisbane

Ada juga yang membeli kecoak dari Universitas RMIT di Melbourne seharga 3.51-5 dollar Australia ( sekitar Rp 34.300-Rp 49.000 ). ” Kecoak-kecoak ini pernah digunakan untuk riset dan kemudian dikirimkan ke sini, ” kata Brett Maxwell, yang turut menyemarakkan adu balap kecoak tersebut.

Adu balap kecoak ini memberlakukan aturan penting, termasuk langsung mendiskualifikasi kecoak yang terbang. Mark Alcorn, warga negara Irlandia yang tinggal di Australia, menjadi pemenang pertama. ” Ini hari terbaik dalam hidup saya, ” kata Alcorn.

UPI / LOK.

Iklan