Guinness World Records menetapkan Yisrael Kristal sebagai laki-laki tertua di dunia pada usia 112 tahun dan 178 hari. Lahir pada 1903, Kristal mengalami dua Perang Dunia dan menjadi penyintas kamp konsentrasi Nazi, Auschwitz, tahun 1940 an. Dia kini tinggal di Haifa, Israel.

” Saya tak tahu apa rahasianya berumur panjang, ” ujar Kristal saat menerima sertifikat Guinness World Records, Jumat lalu. Saya percaya, semua yang terjadi ditentukan dari atas ( Tuhan ) dan kita tidak pernah tahu alasannya. Ada banyak orang yang lebih pandai, lebih kuat, dan lebih segalanya dari saya, tetapi tidak lagi hidup.

GUINNESS WORLD RECORDS Marco Frigatti, Head of Records for Guinness World Records, presents Israel Kristal his certificate of achievement for Oldest living man on 11th March 2016, Haifa, Israel. Picture credit: Dvir Rosen/Guinness World Records Yisrael berfoto bersama Marco Frigatti, Head of Records for Guinness World Records, saat penyerahan sertifikat Pria Tertua di Dunia Yang Masih Hidup, di Haifa, Israel (11/3/2106).

Yisrael berfoto bersama Marco Frigatti, Head of Records for Guinness World Records, saat penyerahan sertifikat Pria Tertua di Dunia Yang Masih Hidup, di Haifa, Israel (11/3/2106).

“Akhirnya semuanya kembali kepada diri sendiri kita untuk terus bekerja sekeras yang kita mampu untuk mengembalikan yang hilang, ” papar Kristal, seperti dikutip UPI. Keluarga Kristal menjadi korban keganasan Nazi yang menginvasi Polandia dan mereka direlokasi ke kamp konsentrasi pada 1939. Terlahir di keluarga ortodok Yahudi, Kristal kehilangan istri dan dua anaknya saat Holocaust dan dia menjadi satu-satunya di keluarga yang selamat.

Yisrael dan istrinya, Chaja Feige Frucht, dikirim ke kamp konsentrasi Auschwitz pada 1944. Istrinya dibunuh di Auschwitz. Namun, Yisrael bertahan hidup, melakukan kerja paksa di sana dan di kamp-kamp lain. Ketika ia ditemukan oleh Sekutu pada Mei 1945, beratnya hanya 37 kg.

Susannah Mushatt Jones kini diyakini merupakan manusia tertua yang masih hidup.

Susannah Mushatt Jones kini diyakini merupakan manusia tertua yang masih hidup.

Sebagai satu-satunya anggota di keluarganya yang selamat, Kristal beremigrasi ke Israel pada tahun 1950 dengan istri keduanya dan anaknya. Di sana, ia meneruskan bisnis gula-gula sampai pensiun.

Kristal menggantikan pendahulunya, lelaki Jepang, Yasutaro Koide yang meninggal pada usia 112 tahun dan 312 hari, Januari lalu. Sementara orang tertua di dunia adalah Susannah Mushatt Jones usia 115 tahun dan 249 hari. Ia tinggal di New York, Amerika Serikat.

UPI / JOY / Picture credit: Dvir Rosen/Guinness World Records.

Iklan