Biasanya kita melihat elang yang terbang di angkasa dengan mengepakkan sayapnya yang terlihat gagah. Namun, kita tak  pernah tahu bagaimana elang bersuara, memberi tanda-tanda, memanggil sesama elang, atau menunjukkan sisi keliarannya yang lain. Beberapa waktu lalu, seekor anak elang tertangkap kamera sedang melatih cuitan atau cara bersuara ala elang dari sarangnya.

Induk elang dengan setia menunggui anaknya yang baru lahir di sarangnya.

Induk elang dengan setia menunggui anaknya yang baru lahir di sarangnya. Setelah cukup umur, anak elang akan dilatih terbang sambil melatih ciutan yang menandakan keliarannya di alam bebas.

Burung elang yang termasuk hewan liar ternyata sejak muda sudah melatih keliarannya. Hal itu dibuktikan oleh seekor anak elang yang aktivitasnya terekam kamera Explore.org yang kemudian diunggah ke laman Facebook. Laman UPI melaporkan, tayangn tersebut menunjukkan aktivitas anak elang dari sarangnya di Decorah, Iowa, AS.

Anak elang itu melatih cara elang bersuara atau melepaskan suitannya dengan berdiri di atas sarang.The Raptor Resource Project telah melacak elang-elang di Decorah dengan menempatkan sejumlah kamera di alam liar sejak 2008.

UPI / LOK

Iklan