Warga Forest Grove, sebuah desa berpenduduk 22.500 jiwa yang terletak 40 kilometer sebelah barat Portland, Oregon, AS, bermalam-malam sulit tidur karena ada nada tinggi yang terdengar. Sudah lebih dari sepekan itu terjadi, kata pejabat di desa itu, Senin ( 22/2 ). Warga, petugas polisi, dan pemadam kebakaran tidak bisa menemukan sumber suara nada tinggi itu.

Yang lebih membingungkan, suara mirip nada seruling yang konstan itu dilaporkan hanya terdengar setelah malam tiba di desa itu. Miturut bekas warga desa itu, mereka ingat sebuah suara serupa yang berbunyi sepanjang malam beberapa dekade lalu, berdasarkan laporan-laporan yang diaujukan kepada Dinas Pemadam Kebakaran desa itu. Ahli suara, Tobin Cooley, Direktur perusahaan Listen Acoustics, yang diminta Reuters untuk menilai fenomena itu secara tak resmi, mengatakan, nada itu luar biasa karena gabungan dari nada tinggi dan titik asal yang tak jelas.

Suara misterius bernada tinggi membuat warga di pinggiran Portland tidak bisa tidur malam sepanjang pekan ini. Misteri tersebut semakin rumit karena suara teratur bernada peluit mirip seruling itu, hanya terdengar setelah malam tiba di Forest Grove, kawasan pedesaan berpenduduk 22.500 jiwa yang terletak 40 km di barat Kota Oregon. Ilustrasi. (Foto: Torontosun)

Suara misterius bernada tinggi membuat warga di pinggiran Portland tidak bisa tidur malam sepanjang pekan ini. Misteri tersebut semakin rumit karena suara teratur bernada peluit mirip seruling itu, hanya terdengar setelah malam tiba di Forest Grove, kawasan pedesaan berpenduduk 22.500 jiwa yang terletak 40 km di barat Kota Oregon.

Dia memperkirakan nada itu bisa terdengar akibat terlepasnya udara yang terkompresi atau gas alam. Namun, pihak perusahaan gas mengatakan, suara itu bukan dari peralatan atau jalur pipa mereka.

Dinas pemadam kebakaran Forest Grove masih mengumpulkan informasi soal suara itu. Karena itu, warga harus membiasakan diri mendengar suara mirip seruling satu nada yang entah dari mana datangnya.

Reuters / DI / Ilustrasi Foto: Torontosun.