Seekor bangau langka yang menjadi selebritas di Taiwan setelah tersesat dalam perjalanan dari Siberia tahun lalu harus diselamatkan setelah berpesiar ke sebuah stasiun kereta bawah tanah. Burung putih cantik itu telah menjadikan daerah rawa-rawa di Taiwan utara sebagai temapat tinggalnya sejak Desember tahun lalu. Saat bermigrasi bangau putih cantik ini salah belok arah pada sebuah rute dari Siberia ke Tiongkok.

Terpisah dari kelompoknya, bangau putih itu disambut oleh warga. Petani yang memiliki kawasan rawa tempat burung itu kini tinggal telah berhenti memakai pestisida untuk menjamin agar sang bangau dapat menikmati makanan yang tak tercemar pestisida. Burung Siberia itu bahkan mempunyai seorang petugas satpam dari pagi sampai sore untuk melindunginya dari anjing liar.

dua lelaki dan burung paruh panjang.

Burung bangau putih cantik paruh panjang tengah bersantai di rawa sambil memikirkan nasibnya bagaimana dia bisa pulang kampung ke Siberia. Sekalipun petani pemilik rawa baik budi dengan menyediakan makanan bebas pestisida, banggu putih ini tetap gelisah, karena telah tersesat saat bermigrasi dari Siberia ke Tiongkok, tapi nyasar sampai di Taiwan. Ilustrasi : Handining.

Pasangan bangau putih cantik ini tengah mencari makanan di kawasan rawa-rawa di kawasan Taiwan utara sebagai tempat tinggal sementara.

Pasangan bangau putih cantik ini tengah mencari makanan di kawasan rawa-rawa di kawasan Taiwan utara sebagai tempat tinggal sementara. Saat musim dingin menerpa Siberia, kelompok bangau putih bermigrasi ke Asia Selatan, salah satunya pernah mampir ke Indonesia yang beriklim tropis.

Namun, Kamis malam, sang banggu rupanya ingin berpesiar atau mungkin berniat pulang. Dia terbang sampai ke stasiun kereta Songshan, utara Taipei, yang berjarak 30 kilometer. Dia mendarat di luar stasiun dan tampak tak takut pada manusia. Bangau putih yang ditangkap petugas itu menurut rencana akan dikembalikan ke rawa-rawa di utara setelah diperiksa kesehatannya.

Mungkin dia ke stasiun itu untuk mengecek jadwal kereta api yang menuju Siberia, siapa tahu dapat menumpang gratis sampai di kampung halaman. Bangau putih cantik, cerdik bisa memanfaatkan waktu luang sambil rekreasi gratis di kampung petani baik budi.

AFP / DI.

Iklan