Museum Kambang Putih Tuban menyimpan peninggalan laskar Kubilai Khan ketika menyerbu Kertanegara. Peninggalan itu berupa jangkar armada Mongolia yang tersimpan baik di museum. Tinggi jangkar besi yang masih utuh walau dimakan usia itu sekitar 182 cm dengan bentangan sekitar 100 cm. Rantai yang menggelayut di tubuh jangkar masih terawat.

Jangkar kuno dari salah satu kapal Kubilai Khan dipertahankan dalam museum sejarah. Tuban diyakini telah Islamised ... Related images: Related image Related image Related image Related image Related image Related image Related image Related imageView more Images may be subject to copyright.Send feedback

Jangkar kuno dari salah satu kapal Kubilai Khan tersimpan di dalam museum sejarah Kambang Putih  Tuban, masih terlihat kokoh sekalipun telah dimakan usia belasan tahun sejak penyerbuan armada laut Mongolia dibawah kekisaran Kubilai Khan melawan Kertanegara. Foto : Marwan Sidarta.

Ilustrasi, armada kapal perang Kubilai Khan dari Mongol saat berlayar di Laut Jawa dalam perjalanan menyerbu pasukan Kertanegara.

Ilustrasi, armada kapal perang Kubilai Khan dari Mongol saat berlayar di Laut Jawa dalam perjalanan menyerbu pasukan Kertanegara.

Diceritakan bala tentara Mongolia dikirim Kubilai Khan ( 1250-1294 ) untuk menyerang Kertanegara pada 1293 karena Kertanegara tidak bersedia tunduk kepada Kubilai Khan dan malah melukai utusan Mongolia. Armada Kubilai Khan tiba di Tuban setelah menempuh perjalanan panjang lewat laut. Kubilai Khan tidak tahu bahwa Kertanegara telah kalah dan digantikan Jayakatwang.

Raden Wijaya, menantu Kertanegara menuntut balas. Dia membantu pasukan Kubilai Khan memerangi Jayakatwang.  Namun setelah berhasil menaklukkan Jayakatwang, Raden Wijaya memukul pasukan Mongolia yang sudah letih berperang.

Sumber : Kompas Pedia.

Iklan