Hati-hati menyuap polisi, nanti dituduh korupsi. Miturut upi.com, seorang pria Italia dibebaskan dari tuduhan korupsi, yakni menyuap polisi. Dia berupaya menyuap polisi 100 euro sekitar Rp 1,5 juta setelah mengemudi saat sedang mabuk.

rambu-lalu-lintas-teraneh-

Rambu lalu lintas ini terlihat aneh tapi mengandung pesan tegas kepada setiap pengemudi kendaraan di Eropa. Keselamatan berkendara ada pada pengemudi. Jika mengemudi dalam  kondisi mabuk akan ditangkap polisi, tabrakan mengakibatkan luka parah, maka rumah sakit telah menanti. Lebih tegas lagi, jika kondisi tabrakan fatal, maka maut pun menjemput. Karena itu, berhati-hatilah saat mengemudi dan jangan tiru pria Italia sedang mabuk tapi nekat berkendara yang membahayakan pengguna jalan lainnya. Foto : AP.

Pengadilan Tinggi Italia menetapkan, terlalu berlebihan jika apa yang dilakukan pria itu disebut penyuapan. Apalagi, itu berasal dari sumber yang tak jelas. Sang pria pengemudi itu tetap dihukum karena mengemudi dalam kondisi mabuk.

Dia terancam denda hingga 6.200 euro ( sekitar Rp 93,1 juta ). Surat izin mengemudinya pun disita hingga satu tahun, termasuk ancaman hukuman penjara satu tahun. Menurut hukum Italia, upaya penyuapan akan dilabeli sebagai tindak korupsi ketika aksi tersebut dilakukan dengan keseriusan yang tinggi.

UPI / LOK.

Iklan