Pria berkebangsaan Inggris, John Beeden ( 53 ), menjadi orang pertama yang sukses menyeberangi Samudra Pasifik sendirian dengan sebuah perahu dayung. Beeden yang kini tinggal di Kanada mengarungi samudra itu selama  209 hari. Ia berangkat dari San Francisco, Amerika Serikat, Juni lalu, hingga tujuan akhir di Pantai Cairns, timur laut Australia.

Jarak yang ditempuh Beeden mengaruhi Samudra Pasifik mencapai 6,100 mil laut atau 11,297 kilometer.  Mengutip surat kabar The Guardian, Minggu ( 27/2 ), pada awalnya Beeden berencana mengarungi jarak tersebut selama 140 – 180 hari. Namun, cuaca buruk memperlambat laju perahunya.

Mr Beeden berlayar lebih dari 7.000 mil di perahu 6m nya Socks II

John Beeden tengah berlayar menyeberangi Samudra Pasifik. Jarak  tempuh hampir 7.000 mil dengan perahu dayung ukuran panjang 6m bernama Socks II.

 

 John Beeden dalam kondisi kurus badannya, tetap semangat mengisi waktunya mengecek navigasi perahu dayung di tengah kesunyian Samudra Pasifik.

John Beeden dalam kondisi kurus badannya, tetap semangat mengisi waktunya mengecek navigasi perahu dayung Socks II di tengah kesunyian Samudra Pasifik.

Tidak itu saja aksi nekat Beeden yang gemar berpetualangan. Ia juga pernah berperahu menyeberangi Samudra Atlantik sejauh 2.600 mil laut atau 4.815 kilometer selama 53 hari, tiga tahun lalu. ” Saya merasakan sensasi luar biasa dengan menjadi orang pertama yang mampu mencapai prestasi itu, ” ujarnya.

Perjalanan mengaruhi dua samudra itu bukannya tak berbahaya. Beeden mengaku mengalami saat-saat ketika perjalanan tersebut nyaris merenggut nyawanya.

John Beeden tiba di Cairns , Minggu ( 27 / 12 )

John Beeden tiba di Cairns , Minggu ( 27 / 12 )

” Terus terang, saya tak pernah membayangkan perjalanannya bakal sesulit itu. Namun, saya merasa harus  terus mendorong kemampuan saya sampai pada batasnya, ” kata Beden.

BBC / Foto : Solo Pacific Row.

Iklan