Mengajak hidup sehat kepada siapa saja yang peduli akan kesehatan boleh jadi sudah sering kita dengar. Ajakan hidup sehat ada yang diperhatikan, ada pula yang tidak diperhatikan mengingat tidak semua orang mau dinasihati agar hidup sehat. Menjelang tutup tahun 2015, ajakan hidup sehat di tahun baru 2016 semakin sering diperdengarkan lewat siaran radio, televisi, surat kabar bahkan media sosial.

Audience alias orang yang diajak hidup sehat menganggap anjuran ini sebagai hal positip dampaknya bagi kesehatan dirinya. Dia menganggap ajakan ini bukan untuk mengekang mengurangi kenikmatan hidup  yang sesaat ini. Namun, tujuan sebenarnya adalah berbagi bagaimana menjalani pola hidup sehat yang sesungguhnya.

Karena begitu pentingnya arti hidup sehat terkadang sudah terlambat ajakan ini sampai kepada orang yang sudah menderita berbagai macam penyakit. Ibarat pepatah, sesal kemudian tiada arti. Padahal selama hayat masih dikandung badan,  usaha kembali menjalani hidup sehat bagi yang tengah dirundung sakit, masih terbuka jalan untuk mendapatkan kesehatan yang jadi haknya.

Diet sehat untuk diabetes adalah hampir sama dengan diet yang sehat bagi siapapun. Makan dengan porsi yang cukup untuk menghindari kenaikan berat badan, termasuk didalamnya makan buah-buahan dan sayuran.

Diet sehat untuk diabetes adalah hampir sama dengan diet yang sehat bagi siapapun. Makan dengan porsi yang cukup untuk menghindari kenaikan berat badan, termasuk didalamnya makan buah-buahan dan sayuran.

Tentu saja caranya berbeda-beda bagi setiap orang. Ada yang gemar menjalani diet sehat menyangkut pola makan tinggi serat rendah lemak. Ada pula yang giat menjalankan olahraga tetapi pola makan tak dijaga dalam hal jumlah kalorinya. Akibatnya sekalipun aktif berolahraga tubuh tetap gemuk dan susah menurunkan berat badan.

Untuk itulah selain pola makan dan aktif bergerak, yang tak kalah penting adalah mengatur jumlah kalori yang  masuk tubuh. Mengingat makanan yang kita konsumsi akan punya dampak bagi kesehatan dikemudian hari, maka ada prinsip sehat yang perlu dicamkan setiap orang yang peduli akan kesehatan dirinya. Misalnya, kita terbiasa dengan konsumsi nasi putih setiap hari, tak ada  salahnya mulai mencoba nasi merah.

Ajakan mengganti nasi putih ke nasi merah berlaku bagi  orang yang masih sehat apalagi yang sudah sakit, misalnya sakit diabetes alias gula dan darah tinggi. Maklum saja, kadar gula nasi putih jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan nasi merah. Mengingat gula sering memberi efek buruk bagi kesehatan, kini tiba saatnya kita mengganti gula pasir di rumah dengan gula aren atau madu.

Olah raga itu penting untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh.

Olah raga itu penting untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh.

Setelah pola makan diatur yang tak kalah penting adalah setiap orang jangan malas untuk bergerak alias harus rajin berolahraga. Olah raga itu penting dampaknya bagi  kebugaran dan kesehatan tubuh. Kita bebas melakukan jenis olahraga yang disukai, misalnya  bersepeda sehat, jalan kaki sehat atau berenang.

Setiap orang berhak memiliki kualitas hidup sehat sepanjang usia. Hanya diri kita saja yang harus menjaganya dan mengusahakan bagaimana cara memperoleh  kesehatan yang baik. Setelah hidup sehat digenggam erat-erat, jangan melepaskan lagi sehat  pergi dari tubuh Anda.

Agar tetap sehat dan terhindar dari serangan berbagai macam penyakit, kita sendiri yang tau bagaimana menjaga kesehatan. Intinya, memelihara kesehatan adalah upaya menanggulangi dari gangguan penyakit, sebab penyakit akan senang masuk tubuh yang tidak punya perisai sehat dalam dirinya. Karena itulah, sehat dengan reiki mengajak Sahabat agar terus menjaga kesehatan dalam diri di tahun baru 2016.

Iklan