Beberapa hari lalu, sebuah restoran anyar dibuka di Teheran, ibu kota Iran. Nama restoran itu adalah X Halal. Jangan kaget, restoran ini sama sekali tidak memiliki hubungan dengan jaringan restoran global asal Amerika Serikat, X yang terkenal dengan simbolnya berupa wajah pria tua bernama Colonel Sanders.

i Iran, Sejak 5 tahun terakhir memang semakin banyak pasokan produk dari barat yang masuk. Maka dari itu pemerintah Iran terutama Dewan Ulama yang dipimpin Ayatullah Ali Khamenei, memerintahkan setiap produk barat yang masuk dibatasi peredarannya terutama produk yang berasal dari Amerika Serikat. BBC.UK

Di Iran, sejak 5 tahun terakhir  semakin banyak pasokan produk dari barat yang masuk. Maka dari itu pemerintah Iran terutama Dewan Ulama yang dipimpin Ayatullah Ali Khamenei, memerintahkan setiap produk barat yang masuk dibatasi peredarannya terutama produk yang berasal dari Amerika Serikat. BBC.UK

Sayangnya, baru satu hari dibuka, seperti dilaporkan upi.com, X Halal langsung diperintahkan untuk ditutup oleh pejabat setempat. Restoran X Halal dinilai terlalu Amerika karena dihias dengan garis merah dan putih atau mirip dengan motif bendera AS. Selain itu, restoran X Halal juga memasang wajah pria tua yang mirip dengan wajah Colonel Sanders.

Ayam goreng ini cukup terkenal di negara asalnya, AS. Akan tetapi di Iran, UMUR restoran siap saji di Iran ini hanya berumur sehari. Pihak berwenang terpaksa menutup restoran halal tersebut karena sebuah alasan.

Ayam goreng ini cukup terkenal di negara asalnya, AS. Akan tetapi umur restoran siap saji di Iran yang menjual produk ini hanya berumur sehari ( 36 jam ). Pihak berwenang terpaksa menutup restoran halal tersebut karena sebuah alasan.

Pemilik restoran X Halal di Teheran membantah keterkaitannya dengan AS. Miturut dia, merek dagang X Halal berasal dari Turki dan khusus menyasar pasar di negara-negara Muslim.

UPI / ATO.

Iklan