Perayaan Halloween akhir pekan lalu mengubah seluruh wilayah Amerika Serikat menjadi area kostum hantu-hantuan. Catatan Pusat Riset Pew, seperti dikutip UPI, menyebutkan, beberapa wilayah dilaporkan memiliki pengalaman mengerikan. Survei yang dipublikasikan pada akhir 2009 menemukan bahwa 18 persen warga Amerika Serikat ternyata pernah melihat hantu.

Dua pria merasa takut melihat hantu pocong, setelah memakai kostum hantu pocong dalam rangka merayakan Halloween.

Dua pria merasa takut melihat hantu pocong, setelah memakai kostum hantu pocong dalam rangka merayakan Halloween. Ilustrasi, Jitet.

Jumlah mereka yang pernah melihat atau bertemu hantu ini meningkat dua kali lipat dibandingkan dengan survei yang sama 13 tahun sebelumnya. Pada 1996, hanya 9 persen warga Amerika Serikat yang pernah melihat makhluk halus. Survei itu diikuti 2.000 partisipan atau responden, 29 persen dari mereka mengatakan pernah bersentuhan dengan kematian melalui perasaan atau sensasi lainnya.

Laporan berasal dari dua survei yang diikuti sekitar 4.000 orang dewasa Amerika. Dr Alice Gregory dari Universitas Goldsmiths menyarankan agar mereka yang melihat penampakan atau memiliki pengalaman itu bisa memberi penjelasan lebih solid.

UPI / LOK.

Iklan