Sesuai hukum gravitasi, umumya segala benda jika dilempar pasti akan jatuh ke bawah. Demikian juga mobil, jika mesin mobil dimatikan dan rem dilepas, bisa dipastikan mobil akan meluncur ke arah bawah jika mobil tersebut berada di sebuah tempat yang tinggi. Namun, hukum gravitasi seperti itu tidak berlaku di bukit gravitasi.

Bukit gravitasi dimaksud terletak di antara kota Budesti dan Cavnic, Romania. UPI melaporkan, seorang pengendara motor asal Romania membagikan tayangan video di Youtube yang menunjukkan gambar sebuah mobil yang pada posisi netral. Maksudnya, rem tangan mobil tidak ditarik atau pedal rem tidak diinjak.

Ilustrasi Handining, bukit gravitasi uji coba mobil di kawasan kota Budesti dan Cavnic.

Ilustrasi Handining, bukit gravitasi uji coba mobil meluncur di kawasan kota Budesti dan Cavnic, Romania.

Spook Hill adalah sebuah wilayah berbukit di Lake Wales, Florida, dimana bila kamu memberhentikan kendaraan di bawah bukit maka kendaraan itu akan pelan-pelan meluncur naik ke atas bukit!

Spook Hill adalah sebuah wilayah berbukit di Lake Wales, Florida, dimana bila kita memberhentikan kendaraan di bawah bukit maka kendaraan itu akan pelan-pelan meluncur naik ke atas bukit!

Yang terjadi justru mobil tersebut tampak sedang berjalan menaiki bukit. Ini terjadi karena ilusi optik di buku yang dikenal dengan nama bukit gravitasi. Video yang diunggah di Youtube oleh Cristi Dimulescu itu menunjukkan mobil tersebut bergulir menanjak, baik mundur maupun maju, meskipun dalam posisi netral.

Para pakar mengatakan, bukit gravitasi itu menipu mata dengan melihat lereng curum ke atas, di mana sebenarnya ada kemiringan sedikit ke bawah. Jadi, seolah-olah mobil justru melaju menaiki bukit.

UPI / LOK.

Iklan