Uni Emirat Arab tengah berupaya keras masuk dalam 10 besar kota paling bahagia di dunia pada 2021. Untuk mencapai target itu, otoritas kota Dubai membuat warga bisa memberikan penilaian secara langsung setelah mendapat pelayanan dari instansi pemerintahan. Warga cukup menekan layar yang berisi tiga gambar wajah, yaitu mengerutkan kening, tersenyum, atau tanpa ekspresi.

Anda cukup menekan layar sentuh tablet yang ada tiga gambar ekspresi wajah tersenyum,tanpa ekspresi, atau mengerutkan kening.

Anda cukup menekan layar sentuh tablet yang ada tiga gambar ekspresi wajah tersenyum,tanpa ekspresi, atau mengerutkan kening. Ilustrasi : Handining.

Di kantor-kantor pemerintahan di seluruh Dubai disediakan komputer tablet di samping meja PNS yang memungkinkan warga memberikan umpan balik atas layanan yang mereka terima. Uniknya, jika Anda memberikan respons tak puas, polisi menghubungi Anda dan bertanya mengapa merasa tidak puas. Miturut polisi, pada survei hari pertama ada lebih dari 200.000 respons, dengan 84 persen merasa senang,  6 persen netral, dan 10 persen tidak puas.

Jadi, kira-kira apa yang akan Anda pilih ? Memberi respons tidak puas sehingga segera dihubungi polisi. Atau Anda memberi respons puas sehinga tak ada polisi yang menghubungi Anda, pilihan ada di tangan Anda.

AP / JOS.