Orang jujur banyak rezekinya. Tak ada yang menyangka, Mike Vegas pun tidak, ketika Domino Pizza dengan senang hati menawarkan piza gratis selama satu tahun kepada pemuda asal Berkeley, Amerika Serikat. Boleh jadi, itu merupakan karma yang dia terima karena telah sudi mengembalikan uang senilai 1.300 dollar AS setara dengan Rp 18,7 juta yang keliru dikirimkan kepadanya. Kok bisa, ceritanya begini.

Ilustrasi Handining, piza gratis 1 tahun untuk Mike Vegas.

Ilustrasi Handining, piza gratis 1 tahun untuk Mike Vegas.

Jumat pekan lalu, Vegas memesan piza dan sayap ayam goreng kepada Domino Pizza. Tak lama kemudian pesanan datang. Malam itu, Vegas hanya mengambil sepotong piza dan meletakkan sisanya di dalam lemari es berikut kotak berisi sayap ayam goreng itu.

Setelah beberapa jam, karena sedang asyik bekerja, Vegas tidak memedulikan telepon selulernya yang berdering. Sekitar pukul 05.00 ketika Vegas selesai bekerja, ia menuju lemari es dan mengeluarkan kotak berisi sayap ayam goreng yang dipesannya dari Domino Pizza. Sambil melepas lelah, ia ingin menikmati pesanannya itu.

Namun, sebagaimana diberitakan upi.com, ternyata yang ada dalam kotak itu bukan sayap ayam goreng sebagaimana yang ia harapkan, melainkan uang senilai 1.300 dollar AS dalam dua ikatan. Vegas pun menulis apa yang dialaminya di Facebook dengan mencantumkan judul, Ujian Karma. Tak menunggu lama dengan cepat banyak tanggapan masuk.

Mike Vegas saat diwawancari UPI, berbicara soal kejujuran yang dia lakukan saat dihadapkan pada dua pilihan. Mengembalikan uang yang bukan miliknya atau menyimpannya.

Mike Vegas saat diwawancari ABC News, berbicara soal kejujuran yang dia lakukan saat dihadapkan pada dua pilihan. Mengembalikan uang yang bukan miliknya atau menyimpannya. Tumpukan uang dalam dua ikatan itu dia temukan di kardus piza yang dia beli dan baru sempat dia buka setelah selesai bekerja.

Ada yang menyarankan untuk mengambilnya dan ada pula yang menyarankan jangan mengambil uang itu. Jujur saja, Mike Vegas mengakui muncul keinginan untuk menyimpannya. Namun, hal itu tak dilakukannya karena dia memang tak mau melakukannya.

Ia lantas mengembalikan uang itu kepada Domino Pizza. General Manager Domino Pizza Mumtaz sangat berterima kasih kepada Vegas karena mengembalikan uang deposito pelanggan yang disimpan pengantar piza di kotak pembungkus sayap ayam goreng. Miturut Mumtaz, saat ini sulit untuk menemukan orang jujur.

Tumpukan uang 2 ikatan dalam kardus ditemukan Mike Vegas. Karena bukan miliknya, maka uang itu dikembalikan ke toko piza. Sebagai hadiah kejujurannya, manager toko piza memberikan hadiah piza gratis selama 1 tahun.

Tumpukan uang 2 ikatan dalam kardus ditemukan Mike Vegas. Karena bukan miliknya, maka uang itu dikembalikan ke toko piza. Sebagai hadiah kejujurannya, manager toko piza memberikan hadiah piza gratis selama 1 tahun.

Karena itu, sebagai hadiah, Domino Pizza menawarkan piza gratis selama satu tahun untuk Vegas yang merencanakan akan menerima tawaran itu. Jadi jujurlah, bukan karena apa yang akan Anda dapatkan dari kejujuran itu.

Hanya bertindak jujur itu saja sudah cukup, selanjutnya biarlah yang terjadi akan terjadi. Kalaupun tak ada balasan, melakukan sesuatu yang baik dengan tulus itu sudah lebih dari cukup.

UPI / JOS / Foto : ABC News.

Iklan