Menjadi genius setelah mengalami cedera otak tentu merupakan pengalaman yang menarik. Perempuan di Maybell, Negara Bagian Colorado, Amerika Serikat, Leigh Erceg ( 47 ), mengalami hal tersebut. UPI melaporkan, Erceg dulunya adalah seorang pekerja di sebuah peternakan di Colorado. Ia kemudian jatuh ke dalam jurang pada 2009.

Ia bisa diselamatkan tetapi kehilangan semua memori atau ingatannya. Semua peristiwa yang terjadi sebelum ia terjatuh tak lagi bisa diingatnya. ” Saya tidak tahu bagaimana saya terjatuh, tetapi insiden itu pasti sangat dramatis, ” ujarnya.

Ia menambahkan, hanya ingat ada yang berteriak supaya saya tetap bernapas. Saya ingat yang berteriak sheriff dan merasakan kehilangan semua kemampuannya terutama emosi. Di sisi lain, Erceg tiba-tiba punya kemampuan berlebih di bidang seni, puisi, dan matematika tingkat tinggi.

Leigh Erceg ahli matematika dan seni.

Leigh Erceg ahli matematika dan seni.

Dokter yang menanganinya mengatakan bahwa Erceg mengalami sindrom mendadak menjadi cendekiawan alias acquired savant syndrome yang ditandai dengan peningkatan kemampuan kognitif di bidang seni dan matematika. Erceg mengalami pula sinestesia, yakni kondisi yang menyebabkan ia merasa melihat suara dan mendengar warna. Berit Brogaard, ahli saraf dari Universitas Miami, yang meneliti perubahan pada Erceg, menyatakan, kemampuan Erceg kini berubah sama sekali.

” Kebanyakan orang jika diminta menggambar rumah atau mobil, mereka akan menggambar garis besar bentuk rumah dan mobil lebih dulu. Setelah itu, baru menggambar detailnya. Namun, Erceg sebaliknya, ia menggambar detail ban atau jendela dulu, baru menggambar bentuk rumah dan mobil, ” kata Brogaard.

UPI / LOK.