Saking seringnya mengakses reiki, terkadang  gudang energi dalam tubuh kita penuh alias over dosis. Untuk itulah agar tak terjadi ketidaknyamanan alias keletihan  pada tubuh fisik, ada baiknya setiap praktisi  reiki banyak melakukan grounding. Yang dimaksud dengan grounding dalam  praktek reiki, ialah mengeluarkan energi berlebih yang juga terkontaminasi oleh energi negatif, untuk keluar tubuh lewat chakra utama yang ikut dibersihkan seiring keluarnya energi negatif.

Grounding pun bemanfaat untuk menyeimbangkan kelebihan energi sehingga jalur Ida dan Pinggala menjadi seimbang kembali. Manfaat lain dari grounding ialah, pembersihan energi negatif yang masuk tubuh penyebab badan menjadi sakit, agar tak terus mengganggu kesehatan tubuh yang sudah ada seiring praktek reiki. Selain itu manfaat grounding adalah mengurangi tingkat stres dengan cara melakukan pembersihan, salah satunya dengan cara duduk manis bersila, rileks dan memfokuskan pada  chakra  mahkota.

Melakukan grounding bisa di luar rumah. Memilih tempat favorit dengan udara segar pegunungan, misalnya, sangat membantu menyegarkan tubuh dan pikiran.

Melakukan grounding bisa di luar rumah. Memilih tempat favorit dengan udara segar pegunungan, misalnya, sangat membantu menyegarkan tubuh dan pikiran.

Ada baiknya kita berdoa lebih dulu sebagai umat beragama apa pun keyakinan yang kita anut, agar latihan grounding bermanfaat untuk menjaga tubuh tetap sehat. Kita ambil contoh afirmasi grounding, ” Ya…Tuhan YME, saya niatkan membersihkan tubuh saya dari unsur energi negatif pada tubuh saya. Energi negatif keluar melalui chakra utama,  kedua telapak tangan, kaki, chakra dasar, masuk bumi tanpa merugikan mahkluk lain yang ada dalam bumi, “

Sesaat selesai afirmasi kita ucapkan, jika Anda peka, maka cahaya putih bersih akan masuk ke chakra mahkota langsung menyelimuti chakra mahkota, membentuk energi yang membersihkan lalu turun ke seluruh tubuh keluar lewat  chakra dimaksud, misalnya saat energi sedang membersihkan tubuh bagian  dada dan perut, maka energi negatif  dalam tubuh dimaksud akan didorong keluar lewat chakra jantung, juga chakra solar pleksus. Demikian seterusnya chakra utama dalam tubuh satu persatu ikut dibersihkan, termasuk di sini  mengeluarkan energi negatif, emosi negatif, lelah, letih, rasa nyeri pada kepala ( penyebab migrain, fertigo ) keluar tubuh secara serentak.

Sebelum aktivitas berolahraga, sebagai pemanasan, ada baiknya  praktisi reiki melakukan meditasi gerak pribadi. Ikuti gerak energi yang muncul, entah senam, menari, atau silat.

Sebelum aktivitas berolahraga, sebagai pemanasan, ada baiknya praktisi reiki melakukan meditasi gerak pribadi. Ikuti gerak energi yang muncul, entah senam, menari, atau silat. Gerakan yang muncul jangan ditahan, ikuti saja pergerakan energinya. Selanjutnya grounding bisa dilanjutkan dengan olahraga, misalnya jalan kaki sehat.

Latihan membersihkan tubuh grounding ini cukup singkat, 10 hingga 15 menit. Untuk tetap menjaga setiap chakra  utama dalam tubuh bersih, maka membersihkan diri dari emosi negatif perlu sekali mengingat chakra utama terkait dengan emosi yang ada pada diri setiap manusia. Tak dapat dipungkiri bahwa emosi negatif seperti hati yang jahat, iri dengki pada orang lain yang lebih berhasil dari kita, berprasangka buruk, dendam kesumat, marah, sombong dan tak mau menyambung tali silaturahmi, tak baik untuk kesehatan  fisik, mental, emosional jika terus berada dalam  tubuh. Untuk itulah maka emosi negatif tadi perlu dihilangkan dengan cara sesering mungkin melakukan meditasi pembersihan chakra.

Mumpung masih  tersisa di bulan Syawal ini, tali silaturahmi saling meminta maaf kepada sesama wajib kita lakukan segera jika kita merasa bersalah. Tidak saja sehabis berpuasa, di bulan lain saat kita bersalah, ada baiknya segera minta maaf pada orang yang  kita zalimi. Ada baiknya menerima apa adanya karunia dari Tuhan YME atas apa yang telah kita usahakan selama ini dan mendoakan orang lain agar mereka juga ikut merasakan kebahagiaan, kesehatan, kebugaran tubuh sebagai anugerah dari Tuhan YME pada semua mahkluknya. Amin…….